MEDAN - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Edy Rahmayadi membantah dirinya akan menyiapkan Wisata Halal di kawasan Danau Toba.

"Itu tidak benar. Yang benar adalah mendukung persiapan infrastruktur pariwisata agar kawasan Danau Toba ramah untuk semua wisatawan termasuk wisatawan muslim," kata Gubsu menjawab wartawan di sela menghadiri acara pameran buku di Lanud Soewondo Polonia, Medan, Rabu 4 September 2019.

Edy mengatakan, tidak ada rencana untuk membuat wisata halal di Danau Toba. Tapi, membangun infrastruktur dan fasilitas pendukungan untuk semua wisatawan termasuk wisatawan muslim.

Prinsipnya, kata Edy, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah menyediakan fasilitas yang representatif, sehingga membuat semua wisatawan nyaman.

"Kita pelajari gaya dan apa yang disenangi wisatawan. Itulah yang kita prioritaskan. Jadi kalau di Malaysia, artinya mayoritas muslim, disiapkan akomodasi, disiapkan fasilitasnya, bukan di situ mau membuat wisata halal, itu salah. Jadi kalau ada di media massa atau medsos, dimana saya sebagai Gubernur menyiapkan wisata halal di Danau Toba, itu fitnah," kata Gubsu di kesempatan terpisah.

Penyiapan infrastruktur yang ramah wisatawan itu termasuk wisatawan muslim, menurut Edy Rahmayadi merupakan salah satu upaya untuk membangun pariwisata di Danau Toba yang sudah ditetapkan sebagai salah satu kawasan wisata prioritas nasional.

"Diharapkan dengan begitu, kunjungan wisawatan akan semakin meningkat," jelasnya.***