TOBASA-Gojek dan GoPay Kamis, (29/8/2019) resmi mengikat kerja sama strategis dengan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara untuk mendorong bisnis mikro, kecil, dan menengah di Kab. Tobasa supaya semakin naik kelas melalui ekosistem transaksi non tunai.

Aplikasi Gojek pertama kali diluncurkan pada Januari 2015 untuk para pelanggan di Indonesia, dan sejak itu, telah berkembang menjadi platform mobile on-demand terbesar di Asia Tenggara, menawarkan berbagai layanan mulai dari transportasi dan pembayaran ke pesan-antar makanan, logistik, dan berbagai layanan on-demand lainnya. Gojek Group kini beroperasi di 207 kota di lima negara di Asia Tenggara.

Per semester 1/2019, aplikasi dan ekosistem Gojek telah diunduh oleh lebih dari 155 juta pengguna, dengan lebih dari 2 juta mitra pengemudi, hampir 400.000 mitra merchants, dan lebih dari 60.000 penyedia layanan di Asia Tenggara.

Gojek terus menjalankan misinya untuk menciptakan dampak sosial-ekonomi yang positif dalam skala besar bagi pengguna, mitra pengemudi, mitra bisnis dan UMKM, serta mitra penyedia layanan di dalam ekosistemnya. Founder & CEO Gojek, Nadiem Makarim, masuk ke daftar Bloomberg top 50 untuk tokoh-tokoh yang dinilai berhasil membuat dampak berskala global. Pada Juni 2019 Nadiem Makarim juga menerima penghargaan Nikkei Asia Prize ke-24 untuk kategori Inovasi Ekonomi dan Bisnis di Tokyo, Jepang.

Nadiem menjadi tokoh teknologi penerima penghargaan termuda se-Asia di sepanjang sejarah Nikkei Asia Prize sejak pertama kali digelar sejak 1996; sekaligus menjadi anak bangsa pertama yang berhasil meraih penghargaan bergengsi pada kategori ini. Aplikasi Gojek tersedia untuk diunduh melalui iOS dan Android.

Sedangkan untuk GoPay, GoPay adalah layanan uang elektronik terdepan di Indonesia. Sebagai bagian dari ekosistem Gojek, perusahaan on-demand berbasis aplikasi terbesar di Indonesia, GoPay memiliki misi membantu jutaan keluarga Indonesia untuk memiliki akses kepada berbagai layanan dan produk jasa keuangan.

Pada Juli 2017 lalu, GoPay memenangkan Penghargaan Bank Indonesia untuk kategori Perusahaan Fintech Teraktif Pendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) Inklusi dan Edukasi Keuangan serta Pemberdayaan UMKM. Demikian disampaikan Head of Corporate Affairs Gojek Sumatera - Teuku Parvinanda dalam sambutannya diacara penanda tanganan MoU antara PT.Gojek dan GoPay dengan Pemkab Tobasa Kamis, (29/8/2019).

Gojek dan GoPay hari itu mengikat kerja sama strategis dengan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara untuk mendorong bisnis mikro, kecil, dan menengah di Kab. Tobasa supaya semakin naik kelas melalui ekosistem transaksi non tunai di lantai IV ruanganan Balai data Kantor Bupati, dilaksanakan Penanda tanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara Pemerintah Kabupaten Toba Samosir dengan PT.Gojek Indonesia dan GoPay.

Acara diawali dengan penampilan tortor 6 puak dari suku Batak oleh sanggar seni TB.Silalahi Center. Senior Manager City Services GoPay - Aldy Harjoto di dampingi Intan Satria sebelum acara dimulai kepada Gosumut menuturkan, Gojek mulai beroperasi di Kabupaten Tobasa pada bulan Mei 2019, ekosistem gojek berkomitmen mempermudah aktivitas dan membantu menggerakkan ekonomi masyarakat melalui tehnologi di Tobasa.

"Untuk itu kali ini Gojek dan Gopay berkolaborasi dengan Pemkab Tobasa untuk mengajak masyarakat memanfaatkan ekosistim pembayaran non Tunai Gopay di berbagai layanan publik dan juga mendorong produktifitas UMKM Kuliner lokal," ungkap Teuku Parvinanda.

Acara dihadiri langsung oleh Bupati Ir.Darwin Siagian, Vive Presiden Gojek Regional Sumbagut Budianto Hariadi, Senator Manajer City Service Gopay Aldy Harjono, Head of Regional Corporate Affair Gojek Sumatera Teuku Parvinanda.

Melalui ke dua Aplikasi ini diharapakan bersama dengan seluruh lapisan warga masyarakat bisa saling mendukung dengan upaya Pemkab Tobasa bersama Gojek dan Gopay untuk memperluas dampak sosial positifnya bagi masyarakat khususnya bagi perekonomian daerah melalui tehnologi.

Hadirnya Bupati Ir.Darwin Siagian didampingi oleh Sekda Drs. Audi Murphi Sitorus,SH, M.Si, Assisten 2 Johnpietr Silalahi, Assisten 3 Parulian Siregar, Kadis Perhubungan Pargaulan Sianipar, Kabag Humas Robinsoan Siagian,Kabag Tapem Lahsa Manullang, SSTP.*