MEDAN- Hari ini, sebanyak 346 jemaah calon haji kelompok terbang (kloter) 22 diterbangkan menuju Kota Mekkah. Kloter 22 merupakan kloter terakhir yang diberangkatkan dari Embarkasi Haji Medan, dengan begitu sudah 8.525 jemaah asal Sumut yang diberangkatkan untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.

Dari 8.525 jemaah atau 98,16 persen jemaah calon haji asal Sumut ini menurut Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara, Iwan Zulhami menuturkan ada sebanyak 116 jemaah yang tunda berangkat atau 1,34 persen.

"116 jemaah ini lantaran ada beberapa hal tunda dan batal berangkat karena sakit, meninggal dunia dan lainnya. Insya Allah tahun ini kita sudah berhasil memberangkatkan seluruh jemaah calon haji ke Tanah Suci. Meski dengan catatan yakni ada 62 persen itu yang beresiko tinggi dengan usia lanjut dan lainnya. Kita doa kan mudah-mudahan jemaah haji kita tahun ini bisa melaksanakan ibadah haji rukun wajib atau sunah haji selama di Mekah dan Madinah dengan sebaik-baiknya dan kembali ke tanah air juga dalam keadaan sehat wal afiat dan memperoleh haji mabrur dan mabrurroh,” katanya pada media setelah melepas jemaah calon haji kloter terakhir di Aula Madinatul Hujjaj, Senin (5/8/2019).

Sebelumnya, dalam kata sambutannya Iwan mengatakan pada jemaah agar mematuhi peraturan yang disyaratkan oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) dalam melaksanakan ibadah haji. Maka ia meminta agar jemaah tidak bekerja sendiri, berjalan sendiri, sebab bisa tersesat.

Lanjutnya, hari ini bapak menteri agama dan amiruhaz lainnya telah berada di tanah suci Mekkah dan memantau langsung ibadah haji ini. Kepada semua petugas dan instansi yang terkait yakni hampir 17 instansi pemerintah yang ikut membantu pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini mulai dari sebelum berangkat, pembinaan, kesehatan dan pengamanan semua sudah di proteksi oleh pemerintah.

“Saya atas nama pemerintah haji Provinsi Sumut Kanwil Kemenag Sumut mengucapkan selamat jalan semoga bapak ibu semua bisa menjalankan segala amalan-amalan dalam rangka menjalankan ibadah haji tahun ini. Dan, hari ini merupakan gelombang terakhir melaksanakan ibadah haji dari Embarkasi Haji Medan. Oleh karena itu laksanakanlah ibadah haji itu dengan sebaik-baiknya. Karena sampai hari ini daftar tunggu haji kita sudah hampir 17 tahun baru bisa ibadah laksanakan haji lagi,” pungkasnya.*