ASAHAN-Plt. Bupati Asahan hadiri kegiatan Kodim 0208/AS yakni pencanangan TNI KB-Kesehatan Kabupaten Asahan di Balai Opros PTPN III Sei Dadap, Rabu (31/7/2019).

Kegiatan itu bertema "untuk mencapai cakupan kesehatan semesta, kita tingkatkan akses dan kualitas pelayanan KB dan kesehatan di seluruh Wilayah NKRI".

Selain Plt Bupati Asahan, kegiatan tersebut juga dihadiri Dandim 0208 Asahan, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara Tema Zaro Zega MKes, Perwakilan Kapolres Asahan, Perwakilan Kajari Asahan, Manager PTPN III Sei Dadap, OPD, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjung Balai, Camat, Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Ketua Persit 0208 Asahan serta masyarakat Kecamatan Sei Dadap.

Acara tersebut dirangkai dengan penyerahan bantuan kepada Faskes RSU Sri Pamela Sei Dadap, Faskes Mutiara Kecamatan Kisaran Timur dan Faskes Binjai Serbangan Kecamatan Air Joman.

Bantuan itu diserahkan oleh Plt. Bupati Asahan, didampingi Dandim 0208/As dan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara.

Ketua Panitia kegiatan Kapten INF Nazaruddin Panjaitan menjelaskan, bahwa kegiatan dilaksanakan meliputi 8 kecamatan di Kabupaten Asahan.

"Adapun kedelapan kecamatan itu, yakni, Kecamatan Sei Dadap, Kisaran Barat, Kisaran Timur, Pulau Bandring, Teluk Dalam, Air Batu, Simpang Empat dan Tanjungbalai," jelasnya.p>

Sementara Dandim 0208/AS Letkol Inf Sri Marantika Beruh menerangkan bahwa Penduduk merupakan aset penting bangsa. Maju mundurnya suatu bangsa, tergantung penduduknya. Karena itu, aspek kualitas dan kuantitas penduduk harus menjadi perhatian serius pemerintah.

"Secara pribadi maupun institusi, saya mengapresiasi program ini. Tujuannya adalah untuk membantu pemerintah dalam upaya pengendalian laju pertumbuhan penduduk, supaya seimbang dengan ketersediaan pangan dan energi," ujar Dandim.

Tentara nomor satu di Kodim 0208/As itu memaparkan bahwa sebagaimana diketahui, tujuan dilaksanakannya TNI-KKBPK-Kesehatan itu, diantaranya, untuk menurunkan angka kematian ibu melahirkan, serta meningkatkan pemakaian alat kontrasepsi, dalam mencegah kehamilan yang tidak diinginkan.

"Karena itu, saya berharap, acara ini bukan hanya serimonial belaka. Namun harus berkelanjutan, sampai dengan target peserta KB baru di wilayah kerja Kodim 0208/AS, sebanyak 26.885orang, bisa tercapai," pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Plt Bupati Asahan, Surya memberikan apresiasi atas peran Kodim 0208/AS dalam membantu Pemkab Asahan dalam menekan laju angka pertumbuhan penduduk.

Pelaksanaan momentum TNI Manunggal KB-Kesehatan tahun 2019 itu diharapkan memberikan kontribusi positif bagi Pemkab Asahan dan masyarakat.

"Kepada semua pihak yang turut menyukseskan kegiatan ini, saya ucapkan terimakasih," ujar Surya.*