PALAS-Masyarakat dan pelajar diingatkan untuk lebih jeli dan teliti untuk dalam menyebar informasi yang bersifat bohong atau hoax karena dapat beresiko berhadapan dengan ranah hukum.

Penyataan itu ditegaskan Kasat Binmas Polres Tapsel AKP Erman Tanjung saat memberikan materi penyuluhan hukum dan kamtibmas serta berita hoax ke siswa SMA N I dan SMK N I Sosa ,Senin (29/7/2019)diaula SMK N I Sosa ,Kecamatan Sosa.

Menurut Herman, kalangan pelajar harus cerdik dan berwawasan dalam menerima informasi secara benar dan akurat sehingg tidak terjebak dalam permasalahan yang dapat berurusan dengan ranah hukum karena kesalahan yang mengandung unsur provokatif.

Lanjut Erman, kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan Satgas TMMD Kodim 212/TS cukup bermanfaat dan memiliki nilai yang positif untuk menambah wawasan pengetahuan kesiswa agar lebih fokus belajar dari pada bermain handphone android yang tidak digunakan untuk hal yang bermanfaat.

"Adik -adik pelajar khususnya harus cekatan dan jeli dalam menyaring secara baik semua informasi di Mensos karena belum tentu kebenarannya secara detail. Saat ini mensos menjadi alat penyebaran informasi bohong yang mengandung unsur fitnah dan ujaran kebencian yang sengaja disebar oleh kelompok yang tidak bertanggung jawab,"tegasnya Kasat Binmas mengingatkan pelajar .

"Target kami adalah bagaimana masyarakat dan kaum muda mudi memiliki pengetahuan dan lebih bijak dalam menerima, mendengar bahkan menyebarkan pemberitaan yang belum tentu benar serta dampak buruknya terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara,"ucapnya.

"kami sangat senang mendapatkan penyuluhan tentang berita hoax ini, karena kita tahu jenis dan cirinya secara jelas sehingga dapat dijadikan interpensi bagi diri pribadi maupun lainnya .Tenyata penyebar berita hoax beresiko tinggi terhadap pemecah persatuan dan kesatuan bangsa ,"tuturnya Truwnawati Boru Napitupulu mewakili teman temannya.

Hadir dikegiatan itu Pasiter Kodim 0212/TS Lettu Inf.Syaiful dan Kepala Sekolah SMK N 1 Sosa ,Rustam Efendi Pohan ,SMA N I Sosa ,Masri Chaniago.*