PALAS-Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kodim 0212/Tapsel bersama Polres Tapsel menggelar penyuluhan hukum dan kamtibmas di sekolah SMKN 1Sosa,Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Senin (29/7/2019).

Kegiatan penyukuhan mengusung tema “Bahaya Penyebaran Berita Hoax”, bagian dari rangkaian kegiatan sasaran non fisik dalam program TMMD .di desa sasaran Desa Hutaraja Lamo.

Peserta kegiatan dari kalangan pelajar yang berasal dari siswa SMA N 1 Sosa ,30 orang ditambah siswa SMK N 1 Sosa sebanyak 70 dengan jumlah keseluruhan 100 orang.

Hadir sebagai pemberi materi penyuluhan, Kasat Binmas Polres Tapsel AKP Erman Tanjung menyampaikan ,terima kasih kepada Satgas TMMD yang membangun sinergitas dengan melibatkan Polres Tapsel.

Menurut Kasat Binmas, penyuluhan ini sangat baik untuk menyampaikan informasi terkait maraknya pemberitaan hoax yang saat ini beredar di Mensos dan Media Massa yang menimbulkan fitnah dan ujaran kebencian sehingga hal ini perlu dipahami masyarakat,muda -mudi khususnya kalangan pelajar.

“Kegiatan ini sangat baik karena mengandung nilai positif bagi masyarakat, di samping kegiatan fisik yang dilaksanakan TMMD,” jelas AKP Erman Tanjung. Erman berharap , penyuluhan ini memberi pengetahuan serta pemahaman kepada masyarakat dan pelajar untuk lebih bijak dalam menerima, mendengar bahkan menyebarkan pemberitaan yang belum tentu kebenarannyab agar tidak dampak buruknya terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.

Salah seorang siswa kelas XI ATPH SMKN 1Sosa ,Pujab Trisnawati Boru Napitupulu menuturkan, berterima kasih adanya penyuluhan hukum dan kamtibmas. "Melalui penyuluhan ini ,setidaknya sudah mengetahui tentang ciri serta bahaya dari berita hoax, sehingga kami tidak terjebak dan terus berhati-hati dalam menerima informasi dan berita yang sifatnya mengandung unsur ujaran kebrncuan dan lainnya dimedia sosial yang saat ini sedang tren,"ujarnya diamini teman sekolahnya.

Tampak hadir dikegiatan penyuluhan hukum dan kamtibmas Pasiter Satgas Kodim 0212/TS Lettu Inf.Syaiful.,Kepala Sekolah SMKN 1 Sosa.*