MEDAN – Sistem pembelajaran yang ada di Universitas Sumatera Utara (USU) bukan hanya bersumber dari dosen USU semata, namun juga berasal dari pihak-pihak lain misalnya dosen luar USU ataupun dari praktisi industri terkait.

Hal tersebut dilakukan untuk dapat memenuhi target rumusan capaian pembelajaran dari standar kompetensi profil lulusan program studi. Kriteria minimalnya mencakup sikap, pengetahuan dan ketrampilan sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) masing-masing strata pendidikan yang ada.

Salah satu bentuk sistem pembelajaran tersebut adalah dengan melakukan kegiatan Kuliah Umum. Sejalan dengan hal tersebut, Program Studi Magister Ilmu Pangan, Magister Ilmu Peternakan, dan Program Sarjana Ilmu dan Teknologi Pangan melaksanakan kuliah umum di ruang Seminar Gedung DH Penny, Fakultas Pertanian USU.

Tema kuliah umum yang diusung adalah tentang Praktek atau Aplikasi Jaminan Mutu Produk Pangan Olahan Unggas, yang sangat sesuai dan aplikatif bagi para mahasiswa, baik yang berkecimpung di bidang ilmu pangan maupun peternakan. Edy Sumanto, S.TP, praktisi industri pangan, merupakan narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan itu.

Edy telah berkarir selama selama 20 tahun di beberapa perusahaan pangan dan 5 tahun terakhir sebagai New Product Development and Quality Assurance Senior Manager di PT. Mega Mahadana Hadiya (Mahadya Group) Jakarta yang bergerak di bidang Food and Beverage (F&B).

Hadir dalam kesempatan itu antara lain, Ketua dan Sekretaris Program Studi yang menjadi penyelenggara antara lain, Dr Ir Hotnida Sinaga, M Phil, Era Yusraini, STP, M Si (Magister Ilmu Pangan), Dr Nevy Diana Hanafi, S Pt, M Si, Dr Ir Ma’ruf Tafsin, M Si (Magister Ilmu Peternakan) dan Prof Dr Ir Elisa Julianti, M.Si- Ridwansyah S TP, M Si (Ilmu dan Teknologi Pangan), bersama-sama dengan dosen-dosen tetap serta mahasiswa masing-masing program studi.

Dalam sambutannya ketika membuka acara, Dekan Fakultas Pertanian Dr Ir Hasanuddin, MS, mengapresiasi narasumber dan penyelenggara serta mengharapkan kegiatan tersebut dapat berlanjut dengan kegiatan lain, misalnya kerjasama dengan PT. Mahadya Group sebagai salah satu lokasi praktik kerja lapang (PKL) mahasiswa tingkat akhir.

Narasumber kuliah umum yang merupakan alumni dari program studi Teknologi Pangan dan Gizi (TPG) angkatan 31 (tahun 1994) Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor, menyampaikan aplikasi kegiatan penjaminan mutu produk olahan unggas khususnya ayam goreng mulai dari penerimaan dari lokasi peternakan, penyimpanan dan pengolahan di restoran siap saji sampai ke meja konsumen.

Ia juga menjelaskan, bahwa bisnis restoran adalah bisnis untuk orang (people to people). Dengan demikian bukan hanya memerlukan penanganan yang baik pada pangan yang dijual yang telah sesuai dengan standar pangan aman dan halal, namun juga memerlukan pendekatan personal kepada setiap konsumen maupun pelanggan (customer).

Sehingga mereka merasa dilayani dengan baik dan dapat menjadi pelanggan yang loyal. Inovasi, kreativitas dan komunikasi sangat diperlukan dalam mengembangkan bisnis tersebut. Pengalaman dan transfer informasi dari narasumber tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi para mahasiswa ketiga program studi, terutama yang berminat bekerja menjadi seorang Quality Assurance setelah lulus nantinya.

Kolaborasi ini merupakan suatu perwujudan karakteristik proses pembelajaran yaitu sikap integratif bahwa capaian pembelajaran dipenuhi secara keseluruhan dalam satu kesatuan program melalui pendekatan antardisiplin dan multidisiplin (PerMenRistek Dikti No.44 Tahun 2015 Pasal 11 (3).*