PALAS-Sasaran Program min fisik program TMMD ke 105 dilaksanakan kegiatan penyuluhan TNI Manunggal oleh Satgas Kodim 0212/Tapsel bekerjasama dengan Dinas Dukcapil Kabupaten Padang Lawas (Palas).

Kegiatan itu dilaksanakan di Balai Desa Hutaraja Lamo Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas (Palas),Rabu (17/7/2019).

Asistensi dan Penyuluhan dibuka Dansatgas TMMD ke-105 Kodim 0212/TS Letkol inf Akbar Nofrizal Yusananto, S.I.P yang diwakili oleh Pasiter Satgas Lettu Inf. Syaiful Abdi.Turut hadir Kades Hutaraja Lamo, Kabid Pelayanan Pendaftaran penduduk Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Padang Lawas, tokoh pemuda dan warga masyarakat 53 orang.

Nara sumber dalam kegiatan penyuluhan Tim asistensi dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkab Padang Lawas, Darwin Lubis, dengan Materi Penyuluhan tentang Pelayanan Publik, Kelengkapan Administrasi Kependudukan, Tata Cara Kepengurusan dan Manfaat Administrasi Kependudukan.

Diantara materi yang di bahas seperti Kartu Keluarga, KTP, Akte Kelahiran, Akte Kematian, Akte Perkawinan bagi non moslim dll. ”Kelengkapan administrasi kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK), KTP, Akte Kelahiran sangat bermanfaat, khususnya dalam melengkapi berkas mendaftar sekolah, melamar kerja bahkan sampai mengurus perkawinan,”jelas Darwin Lubis.

?Kata Darwin, admininstrasi kependudukan sangat penting , jika ada kesalahan data ataupun penulisan nama, bisa menyebabkan tidak sinkronnya data, karena saat ini pendataan menggunakan sistem komputerisasi.

Kegiatan penyuluhan berlangsung Hidmat diisi fenga. sesi tanya jawab dengan peserta dan diakhir kegiatan Tim penyuluh menyampaikan ajakan kepada warga turut serta menyukseskan kegiatan TNI Manunggal membangun Desa.

”Dukungan masyarakat kepada TNI khususnya Satgas TMMD dalam upayanya membangun desa Hutaraja Lamo dan Desa Mondang sebagai bentuk dukungan membangun kekuatan pembangunan,"kata Pasiter Satgas TMMD Lettu Inf. Syaiful Abdi.*