PALAS-Bupati Padang Lawas (Palas) bertindak selaku inspektur upacara pada puncak Peringatan Hari Bhayangkara Ke -73 Tahun 2019 digelar di lapangan MTsN Sibuhuan ,Rabu (10/7/2019).

  Kegiatan HUT Bhayangkara ke 73 dengan  tema Dengan Semangat Promoter, Pengabdian Polri Untuk Masyarakat dihadiri seluruh personil diwilayah hukum Polres Tapsel termasuk Kabupaten Padang Lawas (Palas) ,Padang Lawas Utara (Paluta ) dan Tapanuli Selatan.

Amanat  Presiden Republik Indonesia Bapak Ir.H. Joko Widodo yang dibacakan oleh Bupati Palas H Ali Sutan Harahap (TSO) menyampaikan momentum yang baik ini, marilah kita mendoakan para personel polri yang gugur dalam tugas memelihara keamanan negara kita, memberikan balasan atas seluruh pengorbanan, perjuangan, dan pengabdian, serta memberikan kesabaran dan kekuatan bagi keluarga yang ditinggal.

"Dalam pengelolaan, Polri telah meningkatkan sistem akuntabilitas dan transparansi sebagai tuntutan zaman yang harus diwujudkan semua institusi,"kata Bupati.

Kata TSO, menyangkut akuntabilitas, laporan dari pihak Kementerian PAN (Pendayagunaan Aparatur Negara) dan Birokrasi menunjukkan nilai akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dan indeks Reformasi Birokrasi Polri mengalami peningkatan, disertai dengan keberhasilan mewujudkan 69 zona integritas.

Terdiri dari 64 Satker dengan predikat wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan lima satker dengan predikat wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Hal ini telah menempatkan polri pada urutan kedua Kementerian/Lembaga dengan zona integritas terbanyak setelah Kementerian Keuangan pada urutan pertama,sebutnya membaca amanat tertulis Presiden RI.

"Polri juga telah banyak mengungkap berbagai kejahatan, mulai dari kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, kemudian kejahatan lintas negara seperti terorisme, perdagangan narkotika, perdagangan orang, dan kejahatan ciber, lalu kejahatan berimplikasi kontinjensi," ucap TSO.

Seperti konflik sosial, kata dia , serta  kerusuhan massa, Issue Hoax, Makar, Issue Sara  dan unjuk rasa, sampai dengan kejahatan terhadap kekayaan negara seperti illegal logging, illegal fishing, dan tindak pidana korupsi.

Upacara peringatan ke 73 Hari Bhayangkara tahun 2019 dimeriahkan dengan atraksi Reog Singa Palas ,Jarang Kepang,Tari Kreasi serta Panjat Pinang dengan total hadiah Rp 150 Juta dalam bentuk hadiah berupa 3 unit sepeda motor,kulkas,jam tangan dan lainnya.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Forkopimda, Kejari Palas.,Paluta , Sekretaris Daerah Palas Arpan Nasution ,Pimpinan  OPD, Organisasi Pemuda Ketua MUI Palas H. Ismail Nasution , Dua orang Purnawirawan Polri, Segenap Anggota Polri dan Masyarakat.*