MEDAN-Beberapa tahun lalu gambar orangutan terpampang jelas di mata uang Republik Indonesia pecahan lima ratus rupiah, yang dapat dilihat setiap harinya. Berbeda dengan generasi saat ini.

Entah mengapa kepedulian ini tidak berlanjut, faktanya gambar dan berita orangutan saat ini lebih sering muncul saat terjadi penganiayaan dan bahkan berujung kematian. Hal itu hanya menarik simpati dan komentar masyarakat seketika, walaupun itu bisa jadi hanya dalam hitungan hari.

NOWUC3 (Now you see me) adalah ajakan kecil dari Santika Premiere Dyandra Hotel and Convention Medan bersaka Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) untuk sedapat mungkin membuat masyarakat sedikit berpaling, memperkaya informasi dan berharap kemudian akan kepedulian masyarakat dan pelaku usaha utamanya.

  Amanda Dian Sucia, Assistant Public Relation Manager mengatakan, akan memaksimalkan dukungan dalam menyokong kehidupan orangutan, yakni dengan 110 jaringan Santika Indonesia Hotel and Resort, 117.000 Corporate Account, 120.000 tamu per tahun atau 92.000 kamar terjual per tahun dan aplikasi MyValue yang merupakan program reward berbasis digital grup Kompas Gramedia.

"Santika Premiere Dyandra Hotel and Convention Medan akan menggunakan seluruh sumber dan jaringan yang cukup besar untuk mendukung jerih payah Yayasan Orangutan Sumatera Lestari dan Yayasan Ekosistem Lestari, agar mereka tidak berjuang sendiri dalam menyokong kehidupan orangutan," katanya.

Disampaikannya, hal ini mungkin bukan sebuah gerakan besar, namun dengan NOWUC3 pihaknya berharap lebih banyak mata melihat dan tergerak, baik masyarakat umum maupun kalangan usaha.

"Sangat indah rasanya ketika kita masih dapat mengajak anak cucu kita melihat ragam satwa, termasuk orangutan yang tetap lestar," pungkasnya.*