Pacu Kreativitas Seni, DKTB Gelar Ramadhan di Kampung Seniman

Pacu Kreativitas Seni, DKTB Gelar Ramadhan di Kampung Seniman
Ketua DKTB Khuwailid Mingka (Awang) berfoto dengan para seniman.
Minggu, 12 Mei 2019 17:01 WIB
Penulis: Arsyad
TANJUNGBALAI-Dewan Kesenian Kota Tanjungbalai (DKTB) menggelar even Ramadhan di Kampung Seniman dalam rangka memacu pertumbuhan kreativiras seni yang nyaris pudar dibumi Kota Kerang yang sekaligus menyemarakan bulan suci ramadhan 1220-H.

Kegiatan Ramadhan di Kampung Seniman ini merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan sejak berdirinya DKTB.

Itupun kesemuanya itu terwujud merupakan ide dan kerjasama para komunitas seni di Tanjungbalai yang mendapat respon positif dari Ketua DKTB Khuwailid Mingka yang akrab disapa Awang, sehingga even tersebut dapat dilaksanakan selama bulan puasa ramdhan 1440-H.

Ketua DKTB Awang ,Minggu (12/5/2019) mengatakan,kegiatan yg di beri judul "Ramadhan di Kampung Seniman" ini mengambil tema Merajut Persatuan dengan bingkai hikmah ramadhan merupakan kegiatan yang pertama dilakukan DKTB pada momen bulan puasa.
Ads

"Beberapa agenda acara yg bakal digelar dari tgl 4 - 27 Ramadhan ini meliputi tadarus Qur'an, tadarus puisi, pertunjukan teater monolog, musikalisasi puisi dan musik bernuansa religi. Kegiatan yang bertujuan menyemarakkan bulan suci ramadhan melalui seni budaya sekaligus sebagai wadah aspirasi dan ajang silaturrahmi bagi para seniman,"katanya.

Awang menjelaskan, kegiatan ini juga diisi dengan pagelaran pameran Lukisan karya Edwarsyah, warung takjil serta lomba puisi, lomba pidato dan pildacil, mewarnai, lomba azan, lomba lagu religi dan kaligrafi. Perlombaan dimaksudkan agar tumbuh dan berkembangan bakat-bakat seni dari generasi muda Kota Tanjungbalai.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang turut berpartisipasi diantaranya Forum Honorer dan Tenaga Sukarela (FHTS), Ikatan Parano Daro, Sanggar, Komunitas dan seluruh seniman Tanjungbalai. Bahkan, DKTB sangat berterima kasih dengan kehadiran para seniman dari beberapa daerah hinterland diantarantya HM Yunus Tampubolon dari Kosambi Binjai, Wawan Setiawan dari Labura, mantan Ketua DKTB Zainal Arifin,Penyair Kota Kerang Syamsul Rizal atau yang akrab disapa Tok Laut serta Dinas Pariwisata Kota dan ekan seniman lainnya Tanjungbalai, serta NIDA KDI yang turuy memmeriahkan malam pembukaan Ramadhan Dikampung Seniman," jelasnya.

Awang menambah, DKTB bersama seluruh Komunitas di Tanjuungbalai akan terus berupaya mengggali dan mengembangkan berbagai potensi seni budaya yang ada." Ibarat kata pantun, "Pohon kurma sebesar paja,Pohon kemiri tidak berduri,Mari bersama kita berusaha, membangun seni negeri sendiri,"pungkasnya.*
wwwwww