MEDAN-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan dianugrahkan menjadi Rumah Sakit Sayang Ibu di Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) oleh Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi di Hotel Soechi Medan pada 23 April 2019.

Dikatakan Direktur Utama RSUD dr Pirngadi Medan dr Suryadi Panjaitan, penghargaan yang diperoleh oleh rumah sakit murni dinilai oleh pihak Pemprovsu dan melibatkan instansi terkait.

“Penilaian ini untuk rumah sakit pemerintah dan swasta yang tipe B se-Provinsi Sumut yang kita terima pada 27 April 2019, sebagai rumah sakit sayang ibu yang diserahkan langsung oleh pak Edy Rahmayadi di Lapangan Benteng Medan," ungkapnya.

Selain penghargaan itu, perpustakaan di rumah sakit kita juga memperoleh penghargaan sebagai perpustakaan terbaik di tingkat Provinsi Sumut, katanya Selasa (30/4/2019).

Ia menyebut penilaian untuk rumah sakit sayang ibu yang dilakukan pihak panitia antara lain, cara tim medis menangani ibu-ibu dalam persalinan sampai pasca persalinan, cara bidan mengasuh ibu dan bayi.

Sisi lain juga, sarana prasarana dan administrasi yang dinilai ternyata bagus. Bukan hanya itu saja yang dinilai, tim dokter spesialis ikut dinilai. Tim dokter yang dimiliki rumah sakit milik Pemko Medan ini tidak perlu lagi diragukan.

"Obgyn dan kebidanan kita rata-rata yang berpengalaman dan senior, bahkan ada juga dokter muda-muda dengan kemampuan dan kualifikasi yang cukup mapan," terangnya.

Sedangkan untuk penilaian Perpustakaan terbaik, Kepala Seksi Perpustakaan RSUD Dr Pirngadi Medan Dra Latifah Hanim menyebut inovasi apa yang akan dilakukan, persentase minat baca di RS Pirngadi semakin meningkat, penataan ruangan dan buku sangat rapi.

Inovasi ke depan, pihaknya akan melakukan gerakan membawa buku ke ruang rawat inap pasien. Tujuannya agar pasien tidak bosan selama perawatan. Pada kesempatan itu juga, pasien bebas memilih buku yang akan dibacanya. "Gerakan ini akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini," tutupnya.*