PALAS-KPUD Kabupaten Padang Lawas (Palas) melaksanakan rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara pemilu  Pilpers dan Pileg tahun 2019 untuk  tingkat Kabupaten, di aula Hotel Syamsiah  Sibuhuan ,Selasa(30/4/2019).

Rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara pemilu dihadiri Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib, Bupati Palas.H.Ali Sutan Harahap(TSO) ,Dandim 0212/TS Letkol Inf. Akbar Nofrizal Yusananto, Kakan Kesbang Gojali SE ,Asisten 1 Setdakab GT Hamonangan Daulay , Ketua Bawaslu Palas Rahmat Efendi Siregar, Kapolsek Barumun AKP Sudirman.SH , Utusan Kajari Palas dan saksi Partai Politik (Parpol).

Dikesempatan itu juga digelar Deklarasi Pemilu damai dengan ikrar bersama menciptakan kesejukan dan kekondusifan.

Rapat pleno rekapitulasi secara resmi dibuka oleh Ketua KPUD Palas Indra Syahbana Nasution SH  didampingi Komisioner. Pembacaan hasil rekapitulasi perhitungan suara diawali dari PPK Kecamatan Sosopan dan menyusul Kecamatan Barumun Tengah dan seterusnya secara bergiliran dilanjutkan ke 10 PPK Kecamatan lainnya.

  Ketua KPUD Palas  Indra Syahbana Nasution SH  mengatakan, hasil rekapitulasi yang dibacakan ditingkat Kabupaten merupakan hasil dari PPK dan tidak akan ada perhitungan ulang.

"Jika  ada dugaan kecurangan administrasi itu ranahnya Bawaslu. KPU hanya melakukan penyesuaian dari hasil yang di tetapkan di Kecamatan sebagai dasar untuk di tuangkan di D1 Kabupaten,"kata Indra.

Pada saat berlangsungnya rekapitulasi perhitungan suara pemilu, pihak KPUD menertibkan peserta yang masuk kedalam aula,ditandai dengan bet pengenal untuk semua yang hadir.

Pantauan di lokasi kegiatan, untuk menjaga keamanan pelaksanaan perhitungan suara pemilu oleh KPUD Personil Polres Tapsel dibantu TNI bersiaga ekstra ketat menjaga keamanan,dari berbagai kemungkinan gangguan yang menimbulkan ketidak kondusipan.*