PALAS-Sekretaris Daerah (Sekda)  Kabupaten  Padang Lawas (Palas) Arpan Nasution secara resmi menutup kegiatan Perkemahan Iman dan Taqwa ( Perimtaq ) ke XI  Tingkat Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Palas.

   Kegiatan Perkemahaan Perimtaq di bumi perkemahan Tor Sipiramanuk Kecamatan Lubuk Barumun, Minggu (21/4/2019) dirangkai dengan pemeberian tropi kepada juara - juara perlombaan serta Juara umum tingkat Penegak  diraih Gugus Depan ( Gudep ) MAS Robiul Islam Pasar Latong dan Juara umum tingkat Penggalang  diraih SMP Swasta Makarti Hutaraja Tinggi.

  Sekda Arpan Nasution membacakan sambutan Ketua Mabicab Gerakan Pramuka mengatakan,  pendidikan kepramukaan termasuk dalam jalur pendidikan non formal sebagai salah satu pilar dalam sistem pendidikan nasional yang diperkaya dengan pendidikan nilai- nilai gerakan pramuka dalam pembentukan kepribadian yang berakhlak mulai , berjiwa partriotik , taat hukum, disiplin serta menjunjung tinggi nilai- nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup.

Arpan juga  berpesan,  pentingnya penghayatan dan pengalaman Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka bagi segenap anggota pramuka.

"Karena kegiatan  perkemahan Perimtaq ini momentum yang tepat untuk menggelorakan semangat Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka yaitu nilai- nilai luhur yang menjunjung tinggi keimanan, kejujuran, cinta tanah air, gotong royong dan bertanggung jawab, kedisplinan, hormat kepada orang tua, suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan," tegas Sekda.

  Sekretaris Kawrcab Pramuka Palas Ikhwan Saleh  Siregar mengakui,  banyak peristiwa yang terjadi disekeliling kita yang berpotensi dapat merusak akhlak generasi muda dan berpotensi terhambatanya pembentukan  karakter kaum muda.

"Berbagai tindak kejahatan narkoba, tawuran yang mengancam masa depan generasi muda. Sebagai  anggota pramuka jangan terbawa arus pergaulan yang negatif, tetapi harus bisa membuktikan anggota pramuka adalah bibit- bibit unggul penerus perjuangan bangsa," katanya.

Lebih lanjut Ikhwan  menyatakan, perimtaq ini bertujuan  mempelajari berbagai aspek moral dan etika serta keterampilan yang akan menjadi bekal hidup dikemudian hari.

"Diharapkan melalui Perimtaq ini memberikan manfaat terhadap  pembentukan watak kepribadian dan akhlak mulia serta  meningkatkan wawasan  pemahaman pendidikan nilai- nilai moral.

Diakhir kegiatan Perimtaq ,panitia mengumumkan pemenang  Perimtaq ke XI tingkat  Kwarcab Gerakan Pramuka  adalah juara umum tingkat Penggalang SMP Swasta Makarti serta Penegak  diraih MAS Robiul Islam,Pasar Latong, Kecamatan Lubuk Barumnun.

  Selain itu pengumuman juara  cerdas tangkas tingkat penegak, Pionering putra dan putri  Pionering, Smaphore putra dan putri ,Lomba Mujawwat putra dan  putri  , Lomba Shalat jenazah putra dan putri , Lomba Nasyid putra dan putri , lomba Al barjanzi juara dan putri.*