Pentingnya Driver Ojol Miliki Bekal Teknik Pertolongan Pertama Kecelakaan

Pentingnya Driver Ojol Miliki Bekal Teknik Pertolongan Pertama Kecelakaan
Basarnas Sumut memberi bekal teknik Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) pada sejumlah driver ojol di Medan.
Kamis, 14 Maret 2019 07:58 WIB
Penulis: Anita
MEDAN- Semakin ramainya Driver Ojek Online (Ojol) yang ada di Medan tentunya harus memiliki pelayanan yang baik guna kepuasan pelanggan. Namun pelayanan baik saja tak cukup, driver ojol juga harus memiliki bekal teknik Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Guna meningkatkan pemahaman mitra mengenai penanganan bencana dan kecelakaan puluhan mitra driver GOJEK diberi edukasi mengenai penanganan P3K ini yang merupakan bagian dari program Bengkel Belajar Mitra (BBM) yang menjadi wadah bagi GOJEK dalam memberikan pelatihan keterampilan yang bertujuan untuk menaik kelaskan mitra.

“Di BBM kali ini topik P3K dipilih karena kami menyadari bahwa mitra driver GOJEK yang bekerja di jalan raya seringkali menjadi garda pertama penolong jika ada kecelakaan lalu lintas. Inisiatif mitra GOJEK yang mulia untuk membantu masyarakat tersebut kami apresiasi dengan membekali mereka pelatihan P3K. Dengan demikian pertolongan mereka terhadap korban kecelakaan bisa lebih maksimal,” tutur Teuku Parvinanda, Head of Regional Corporate Affairs GOJEK.

Dalam mengadakan sesi pelatihan P3K kali ini, juga berkolaborasi dengan BASARNAS Sumatera Utara, yang memiliki jam terbang tinggi dan keterampilan yang sangat relevan dengan topik BBM kali ini. Pada pelatihan ini, mitra driver dilatih bagaimana memberikan pertolongan pertama ketika terjadi kecelakaan di jalan raya atau saat berkendara.
Ads

Teuku mengatakan pelatihan ini merupakan salah satu bentuk dukungan pada driver sebagai penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi terhadap sektor informal. “Melalui pelatihan ini, kami berharap para mitra driver bisa memahami bagaimana bertindak bila ada bencana sehingga risiko bisa dikurangi,” ujar pria yang akrab disapa Andri ini.

Salah satu pemateri dari BASARNAS Sumatera Utara, Zico Purba mengatakan kegiatan BBM terutama tema P3K sangat bermanfaat bagi mitra driver dan penumpang. “Kami sangat senang dengan antusiasme yang ditunjukkan oleh mitra driver terhadap materi P3K yang kami bawakan dan berharap ke depan, kegiatan yang sama juga bisa diadakan kembali,” sambung Zico.

Sementara itu, pemateri lain dari pihak kepolisian yang diwakili oleh AKP Neneng Armiyanti, Kanit Dikyasa Polrestabes Medan berharap mitra driver senantiasa tertib, taat aturan, dan bekerja sama dengan kepolisian untuk mewujudkan lalu lintas yang baik. Neneng juga menambahkan “hendaknya kita semua menunjukkan kepedulian dan berempati bila melihat terjadinya kecelakaan. Jangan takut untuk membantu dan melaporkan. Lakukan atas dasar kemanusiaan,” tutup Neneng.*
wwwwww