PALAS-Disdukcapil Kabupaten Padang Lawas (Palas) sisir sekolah - sekolah SLTA, dalam proses pendataan dan perekaman e- KTP bagi pelajar yang usia 17 tahun di setiap sekolah di seluruh kecamatan.

Hal ini dalam rangka mendukung data pemilih pemula yang hendak memasuki usia 17 tahun pada jelang pemilu 2019 mendatang.

"Kita jadwalkan waktunya  untuk menyisir sekolah-sekolah yang ada di 12 kecamatan untuk mendata dan melakukan perekaman bagi pelajar yang masih usia 17 tahun," kata Sektetaris Disdukcapil Palas Eldin Hasibuan ,Rabu (6/3/2019) di ruang kerja.

Eldin juga memberitahu, sebelum proses perekaman,para pelajar terlebih dulu di data.Setelah itu mengikuti  perekaman  untuk mendapatkan  fisik e-  KTP,karena  menjelang pemilu sudah berumur 17 tahun.

"Data pemilih yang  sudah umur 17 tahun, bisa kita cetak langsung untuk memperoleh e- KTP ,"ungkapnya.

Sementara Kabid Kependudukan Darwin Lubis  mengatakan penyisir disetiap sekolah bagi pelajar sudah dilakukan secara rutin.

Kata Darwin, hal itu untuk memberi kemudahan bagi pemilih  pemula di pesta  demokrasi agar bisa memilih, mungkin juga bisa digunakan untuk melanjutkan sekolah.

"Selain itu,e-KTP ini nantinya  diperlukan pelajar yang sudah selesai sekolah ingin melanjutkan sekolahnya, ataupun keperluan pengurusan lainnya,"jelasnya.

  Ditanya berapa jumlah pemilih pemula yang sudah terekam untuk memiliki e-KTP, Darwin menjelaskan, diperkirakan sudah hampir 2000 orang yang telah dicetak e-KTPnya.

  Adapun sekolah-sekolah  yang didatangi pihak Disdukcapil Palas dari mulai Kecamatan Barumun Tengah adalah SMK N Huristak, Robiul Islam, MAN Marenu SMA Barumun Tengah yaitu di kecamatan Sosopan, SMA Sosopan, SMA Ulu Barumun dan Ponpes Al Hakimiyah. Sedangkan sekolah yang didatangi di kecamatan Barumun, SMA N 1 Barumun,SMK N 1 Barumun, SMK Al Hasanah, SMK Al Fajar,SMK Al Habibi , MAN Sibuhuan, Al Mukhisin, SMK Taruna Bangsa dan Ponpes Syek Mhd Dahlan Aek Hayuara Sibuhuan.

Selanjutnya juga di kecamatan Lubuk Barumun dan Hutarajatinggi serta Batang Lubuk Sutam. Sekolah yang telah dikunjungi Al Jafariyah, Robiul Islam, SMK N Lubuk Barumun, Darul Adalah, SMA Barumun Selatan, SMK Hutarajatinggi, SMA Hutarajatinggi, Al Khoir Hutarajatinggi serta Babul Khasanah Pinarik.*