ASAHAN-Organisasi profesi kesehatan seperti IDI (Ikatan Dokter Indonesia), PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia), PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia), IBI (Ikatan Bidan Indonesia), PATELKI (Persatuan Ahli Tekhnologi Laboratorium Medik) Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dan Forum Kabupaten Sehat (FKS) menggelar bakti sosial pada Minggu (3/3/2019) di Desa Silo Baru.

Masyarakat Desa Silau Baru menyambut antusias bakti sosial kesehatan tersebut dan dihadiri oleh Bupati Asahan Drs.H Taufan Gama Simatupang MAP, yang diwakili Sekda Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar S.sos M.si, serta didampingi oleh Kadis Kesehatan Dr.Aris Yudhariansya, Kadis PPKB&PA Drs Muhili Lubis, Dirut RSUD HAMS Kisaran Dr Hari Sapna dan serta sebanyak 20 dokter dari IDI Kabupaten Asahan.

Pelaksanaan kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan oleh FKS ini dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Asahan Ke- 73 Tahun 2019. Maka untuk berperan serta memberikan kontribusi yang nyata, pengurus dan Anggota IAI Cabang Asahan turut memberikan andil dengan memberikan Informasi kepada masyarakat tentang cara bagaimana penggunaan obat yang baik dan benar.

“Kami dari pengurus IAI Kabupaten Asahan dalam kesempatan bakti sosial tersebut memberikan masukan dan informasi kepada masyarakat tentang cara menggunakan obat yang baik dan benar. Apa yang dilakukan oleh IAI tersebut selaras dengan program dari Kementerian Kesehatan, yaitu program GEMA CERMAT (Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat)," ujar pengurus Cabang IAI Asahan, Ayu Puspita, S.Farm Apt, didampingi oleh seluruh tim apoteker.

Ayu Puspita menambahkan, dirinya meminta kepada masyarakat agar dapat menggunakan obat dengan bijak dan cerdas. Dengan kehadiran profesi apoteker ditengah-tengah masyarakat, kami berharap dapat membuat masyarakat lebih proaktif dalam mendapatkan informasi tentang obat-obatan dan cara penggunaannya kepada apoteker.

Sementara itu, ditempat yang sama Bupati Asahan diwakili Seketaris Daerah Taufik Zainal Abidin, dalam kata sambutannya mengucapkan rasa terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah menyelenggarakan kegiatan bakti sosial di Desa Silo Baru, Kecamatan Silau Laut.

“Dengan kehadiran FKS dan berbagai elemen organisasi profesi yang membidangi pelayanan kesehatan pada masyarakat dapat terus berintegrasi dalam memberikan manfaat guna peningkatan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat, agar apa yang menjadi visi Pemerintah Kabupaten Asahan dalam mewujudkan masyarakat yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri dapat terwujud," kata Sekda.*