BELAWAN-Milenial Road Safety Festival (MRSF) 2019 Belawan yang dibuka Kapolres Belawan AKBP Ikhwan Lubis SH MH berlangsung meriah.

Bersama Kapolres, Wakil Wali Kota Medan, Ahyar Nasution, Ketua Bhayangkari Polres Belawan, Nyoya Henny Ikhwan, Muspika Medan Marelan, pejabat utama, Kapolsek se-jajaran, para Kasat dan 3000 peserta  turut hadir memeriahkan kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Bola Pasar V Marelan, Kecamatan Medan Marelan  tersebut.

Kegiatan yang mengambil tema ‘Mewujudkan Millenial Cinta Lalu Lintas Menuju Indonesia Gemilang’, itu diawali dengan gerak jalan santai yang dilepas oleh Kapolres Belawan, AKBP Ikhwan Lubis dengan diiringi oleh Mercing Band.

Dalam sambutannya, AKBP Ikhwan mengatakan, kegiatan MRSF 2019 dilaksanakan bertujuan untuk terwujudnya generasi Milenial yang cinta ketertiban berlalulintas di jalan dan mengedukasi para generasi muda agar meningkatkan solidaritas dan persatuan Bangsa.

“Selain mewujudkan genarasi melineal tertib berlalulintas, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya tertib berlalulintas di jalan raya,” ujar AKBP Ikhwan Lubis menjawab GoSumut, Minggu (3/3/2019).

Diterangkannya, di wilayah Provinsi Sumut kejadian Lakalantas pada tahun 2018 sebanyak 6003 kasus dengan rincian korban meninggal dunia 1.989 orang, luka berat 1.677, dan ringan 6.578 orang.

“Sedangkan di wilayah Hukum Polres Belawan, Lakalantas terjadi 424 Kasus dengan rincian meninggal dunia 105 orang, luka berat 88, dan ringan 306 orang dengan para korban yang didominasi kaum muda Milenial,” terangnya.

Dari itu, Ikhwan berpesan kepada para pengendara kendaraan agar berdoa terlebih dahulu sebelum menjalankan kendaraan dan patuhilah rambu rambu lalu lintas yang ada, serta bersikap sopan santun dan saling menghargai sesama pengguna jalan.

“Kita ketahui, bahwa kecelakaan lalulintas tidak semata-mata dikarenakan takdir.  Melainkan selalu adanya pelanggaran Lalu lintas. Oleh karenanya, patuhilah rambu dan hargai sesama pengguna jalan jika ingin selamat di Jalan,” imbuhnya seraya menambahkan bahwa kecelakaan lalu lintas merupakan urutan ke-5 penyebab korban meninggal dunia di Indonesia, setelah penyakit Jantung,  paru-paru, diabetes dan TBC.

Sekaitan dengan itu, Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution mengatakan, dengan dilaksanakan festival ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas keselamatan dan semakin banyaknya relawan lalu lintas Milennial Indonesia sebagai gerakan nasional cinta bangsa.

“Mari kita sama-sama menjadi relawan lalu lintas Indonesia sebagai wujud Gerakan Moral Generasi Milennial Peduli Road Safety,” tandasnya.

Seperti diketahui, kegiatan MRSF dilaksanakan di seluruh Indonesia mulai tanggal 2 Februari hingga 31 Maret 2019.

Untuk di wilayah Polres Belawan sendiri, acara MRSF 2019 dilaksanakan pada hari Minggu 3 Maret 2019.

Sedangkan kegiatan meliputi jalan santai, senam Aerobik, senam Lantas, pertunjukan Polisi Cilik dalam baris-berbaris dan memperagakan gerakan lantas, perlombaan drama kolosal serta penyampaian deklarasi Milennial Road Safety Festival.*