LABUHANBATU - Sekitar 5.000an masyarakat serta pejabat dari tiga Kabupaten Labuhanbatu Raya meriahkan penyelenggaran Millennial Road Safety Festival yang dilaksanakan Polres Labuhanbatu, Minggu (3/2/2019) sekira pukul 6.00 WIB di Tugu Simpang Enam, Kelurahan Kota, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu. Dalam kegiatan yang mengusung tema "Mewujudkan Millennial Cinta Lalu lintas Menuju Indonesia Gemilang" ini diisi dengan rangkaian jalan sehat millenal, deklarasi keselamatan dan yel-yel salam keselamatan berlalulintas, senam kolosal millenial, pertunjukan polisi cilik (pocil).

Di lokasi ini juga dilaksanakan millenial enterpreneur, donor darah, Bazaar, Freestyle, Jubleng bola dan sulap, hiburan artis style voice dan Dodi KDI. Acara ini juga dibanjiri hadiah lucky draw seperti 10 unit sepeda motor, sepeda gunung, kipas angin, rice cooker dan banyak hadiah lainnya.

Dalam sambutanya, Kapolres Labuhanbatu, AKBP Frido Situmorang menyampaikan, millennial road festival ini dilaksanakan untuk mwwujudkan keselamatan di jalan dengan tetap mematuhi peraturan berlalulintas.

"Tujuan diadakan acara Millennial Road Safety ini diperuntukan bagi generasi millennial Indonesia. Agenda sosialisasi tertib lalulintas ini sebagai upaya peningkatan dan pengokohan persatuan bangsa di kalangan generasi muda dan didesain dengan menyesuaikan kebutuhan kaum millennial," ujar Kapolres.

Disamping itu, lanjut Kapolres, kegiatan ini juga untuk melahirkan kaum millennial akan cinta tertib berlalulintas dan sebagai sarana menggelorakan semangat dan sosialisasi tertib berlalulintas, mengeratkan nilai persaudaraan dan pengokohan persatuan bangsa serta melahirkan 2 juta relawan persatuan dan tertib lalulintas di seluruh Indonesia dengan nama Relawan Lalulintas Indonesia (Relasi).

"Kepada kita semua khususnya kaum millennial untuk menjauhi narkoba dan senantiasa menjaga persatuan bangsa dengan tidak menyebarkan berita bohong (Hoax) sebagai kepedulian kita akan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya," ajak Kapolres.

Kapolres Frido Situmorang juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan, sehingga terlaksananya Millennial Road Safety Festival Polres Labuhanbatu tahun 2019. Kegiatan ini terlaksana berdasarkan atas dasar pertimbangan adanya peringatan dari PBB dalam hal ini (WHO) organisasi kesehatan dunia yang telah melakukan survei bahwa lakalantas adalah urutan kelima tertinggi di dunia.

"Peringkat pertama jantumg koroner, paru-paru, diabetes, TBC dan korban lakalantas. Terhitung pada tahun 2017, kecelakaan di Labuhanbatu Raya jumlahnya sebanyak 229 kejadian dengan korban meminggal dunia sebayak 161 orang, yang di antara 89 orang atau 55,2 persen dari generasi millennial, sedangkan tahun 2018, kecalakaan di Labuhanbatu Raya sebanyak 227 kejadian dengan korban meninggal dunia 234 jiwa yang di antaranya 116 atau 49,5 persen juga dari korban meninggal dunia tergolong generasi milenial, dapat kita simpulkan jumlah korban kebanyakan tergolong dari millenial," tutup AKBP Frido Situmorang.

Terlihat hadir dalam gelaran kegiatan tersebut, Plt Bupati Labuhanbatu, H. Andi Suhaimi Dalimunthe, Bupati Labusel, H. Wildan Aswan Tanjung, Wakil Bupati Labura, Drs Dwi Prantara, Dandim 0209/LB, Letkol Inf. Santoso, Forkopimda Labuhanbatu Raya, dan ribuan masyarakat utusan dari Kabupaten Labuhanbatu Raya.

Kegiatan yang diselenggarakan Polres Labuhanbatu ini mendapat apresiasi dari seluruh lapisan masyarakat yang hadir.

“Mantap kegiatannya. Selain sosialisasi berlalulintas, panitia juga mempersiapkan hadiah untuk menarik minat masyarakat. Terimakasih Pak Kapolres! Semoga acara ini menjadi manfaat serta dapat mempersatukan masyarakat untuk tertib berlalulintas,” ujar salah seorang warga Kabupaten Labura, Hendratmo.