BATUBARA- Jembatan jalan penghubung Kabupaten Batubara, Tebingtinggi - Sergai, tepatnya kelurahan Pangkalan Dodek, Kecamatan Medang deras, Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara, Senin (4/2/2019) pagi Ambruk.

Pasalnya jembatan penghubung jalan utama menuju tiga Kabupaten/Kota ini ambruk akibat tidak kuatnya pondasi jembatan tersebut karena sudah puluhan tahun berdiri kokoh. Akibatnya akses jalan sementara dialihkan.

Menurut keterangan warga sekitar, bahwa jembatan ambruk tersebut dikarenakan cukup lama sehingga pondasi jembatan yang menghubung Kabupaten Batubara menuju Kecamatan Bandar Khalifah Kabupaten Serdangbedagai dan kota tebing tinggi terputus.

Bahkan, saat kejadian jembatan yang ambruk tersebut ada salah satu unit kendaraan truk col diesel pengangkut pasir saat melintasi tersebut terperosok dijembatan tersebut. Namun sang supir berhasil menyelematkan diri dari lokasi kejadian. Atas ambruknya jembatan tersebut tidak ada korban jiwa namun warga sekitar memadati lokasi kejadian.

Sehingga warga dari dua kecamatan yang akan melintasi terpaksa harus putar arah atau dialihkan yang cukup jauh. Karena aktivitas warga sering menggunakan jembatan tersebut.

Salah satu warga, sebut saja Sunardi kepada Gosumut mengatakan bahwa jembatan itu sudah puluhan tahun dibangun. Karena pondasi sudah banyak yang keropos sehingga jembatan ambruk. "Namun sementara akses jalan masih ada jalan putaran dari depan rumah kita menuju ke Sidomulyo keluarnya pagurawan," ucap Sunardi.

Hal serupa dikatakan Ucok (45) warga kelurahan Pangkalan Dodek mengatakan jembatan tersebut sudah puluhan tahun dibangun, "wajar saja jembatan ini roboh mengingat usianya udah senja,"ucap Ucok.

Untuk itu, dirinya meminta kepada pemerintah daerah kabupaten Batubara untuk menangani jembatan yang runtuh karena jembatan tersebut akses jalan utama.

Menanggapi hal ini, Wakil Bupati Batubara, Oky Iqbal Prima, SE sudah mengetahui adanya jembatan yang roboh dari media sosial, bahkan dirinya akan segera menangani jembatan tersebut.

"Akan segera menangani jembatan tersebut, Iya saya sudah tau jembatan itu roboh karena banyak yang upload di sosial media, dan saya langsung menelpon orang PU untuk meninjau jembatan yang roboh tersebut," ucap Wabub Batubara Oky Iqbal Prima Melalui via telepon kepada wartawan.*