LABUHANBATU - AKP Yusfa resmi menyandang pangkat Kompol setelah Kapolres Labuhanbatu, AKBP Frido Situmorang menyematkan pangkat melati 1 kepada pria yang memiliki jabatan Kasubbag Progar Bagren Polres Labuhanbatu, Senin (4/2/2019) di Lapangan Apel Polres Labuhanbatu.

Mengawali sambutannya, AKBP Frido menyampaikan upacara bendera yang dilaksanakan ini harus dimaknai sebagai momentum untuk melatih tanggung jawab, memupuk jiwa kebersamaan, menanamkan kembali nilai-nilai dan semangat nasionalisme pada setiap individu anggota Polri dan PNS, serta dapat memberi inspirasi dan motivasi untuk meningkatkan semangat kinerja Polri kepada masyarakat, bangsa dan negara.

"Pada upacara pelantikan kenaikan pangkat pengabdian dari AKP ke Kompol dapat saya sampaikan bahwa kenaikan pangkat pengabdian bukanlah datang dengan sendirinya, tetapi melalui tahapan-tahapan dan pesyaratan yang sudah ditentukan di antaranya memiliki Bintang Bhayangkara Narariya, tidak pernah tersangkut dalam perkara tindak pidana maupun perkara kode etik profesi kepolisian serta pelanggaran disiplin selama melaksanakan tugas," jelas Frido.

Lebih lanjut dikatakannya, hal ini juga tidak terlepas dari dedikasi anggota yang bersangkutan dengan didasari niat, tekad, disiplin baik demi kesatuan maupun kepada masyarakat bangsa dan negara.

"Disamping itu kenaikan pangkat pengabdian yang diberikan institusi kepolisian kepada Kompol Yusfa adalah suatu berkah yang sangat besar dan sudah sangat wajar saudara untuk bersyukur dan berbangga hati, karena tidak semua rekan-rekan saudara memiliki kesempatan yang sama seperti saudara," pesan Frido.

Dihadapan personel, Kapolres menyampaikan, pangkat pengabdian di lingkungan Polri merupakan wujud perhatian dan penghargaan dari organisasi pimpinan Polri terhadap personel yang telah menunjukkan prestasi, dedikasi, loyalitas, dan pengabdian terhadap tugas dengan baik, tanpa adanya perbuatan tercela.

"Dengan kenaikan pangkat pengabdian setingkat lebih tinggi, harus tercermin adanya budaya malu, karena semakin tinggi pangkat yang kita sandang seperti saudara yang baru saya lantik, maka secara langsung maupun tidak langsung beban saudara semakin berat walaupun pangkat yang saudara sandang tersebut hanya beberapa bulan ke depan, dikarenakan ke depannya saudara sudah akan memasuki masa purnawira. Semoga hal ini dapat menjadikan semangat saudara dalam pengabdian menjelang masa pensiun dari dinas kepolisian," pesannya kembali.

Untuk itu, AKBP Frido berpesan kepada seluruh personel Polres Labuhanbatu mari jadikan upacara kenaikan pangkat ini sebagai motivasi pendorong semangat untuk melaksanakan tugas dengan ikhlas dan promoter, juga sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat yang senantiasa menjungjung tinggi hak azasi manusia, hindari pelanggaran tugas sekecil apapun.

"Pada kesempatan ini saya secara pribadi dan keluarga serta atas nama Kapolres Labuhanbatu mengucapkan selamat atas kenaikan pangkat pengabdian kepada Kompol Yusfa. Saya ucapkan terima kasih kepada keluarga saudara, karena keberhasilan saudara juga tidak terlepas dari pengorbanan, dorongan dan pengertian serta pengabdian dari keluarga saudara selama melaksanakan tugas," tandasnya.

Di lain sisi, Kapolres menyampaikan bahwa saat ini pihaknya masih melaksanakan tahapan Operasi Mantap Brata Toba 2018 pemilihan Calon Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Calon Legislatif.

"Sampai saat ini masih dalam keadaan aman dan kondusif. Namun demikian saya tekankan jangan terlena dengan situasi saat ini, terus lakukan deteksi dini akan hakekat ancaman yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi," ingatnya.

Untuk mengantisipasi situasi saat ini, dirinya meminta seluruh anggota Polres Labuhanbatu untuk selalu mencermati situasi yang berkembang di masyarakat.

"Lakukan pendekatan kepada seluruh lapisan masyarakat guna terciptanya situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Labuhanbatu. Hindari perbuatan sekecil apapun yang dapat merugikan institusi Polri yang juga berdampak kepada personel itu sendiri," tutupnya.