SEIRAMPAH-"Saya mengucapkan rasa terima kasih kepada para wartawan yang bertugas di Pemkab Sergai, Karena dengan adanya wartawan Pemkab Sergai ditahun 2018 berhasil meraih beberapa penghargaan baik tingkat nasional."

Hal ini dikatakan Bupati Sergai. Ir. H. Soekirman didampingi Kadis Kominfo Ikhsan AP dan beberpa pejabat lainnya saat konferensi press, di halaman Kantor Bupati Sergai, Kamis (31/1/2019) kemarin.

Menurut dia, bahwa hal ini tidak terlepas dari support wartawan yang menyajikan informasi positif maupun negatif, menjadi penghubung antara Pemerintah dan masyarakat sehingga menggugah para OPD di Sergai bekerja dengan hati – hati sesuai dengan aturan yang berlaku, yang akhirnya membuahkan hasil.

“Kami berterima kasih kepada para wartawan yang telah bermitra dengan Pemkab Sergai karena dengan berita – berita yang kalian sajikan, saran maupun kritikan itu akhirnya membawa nilai yang baik untuk Kabupaten Sergai di mata nasional," ucap Soekirman.

Ditahun 2018 Kabupaten Sergai berhasil mendapatkan peringkat ketiga Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) dari 33 Kabupaten/Kota se Sumatera Utara dengan nilai 3.0462 dan menjadi salahsatu dari 195 Kabupaten/Kota di Indonesia yang berhasil meraih peringkat dan status kinerja sangat tinggi penyelenggaraan pemerintahan daerah Kabupaten dengan atribut bintang.

Selain itu, Sergai juga meraih urutan pertama di Sumatera Utara sebagai Pemerintahan terbersih dalam hal good goverment dan clean goverment pengelolaan keuangan daerah dan menduduki peringakat ke 28 di Indonesia, berdaasarkan monitoring Korsupgah KPK RI dengan persentase 79 %.

“Untuk update terbaru pada Januari ini, kita menduduki peringkat 33 secara nasional dari 542 Pemprov/Pemda se Indonesia dengan persentase 82 %, dan menduduki peringkat kedua se Sumut," ucap Bupati Soekirman.

Selain itu, lanjut Soekirman. Sergai termasuk salahsatu dari 60 daerah Kabupaten/Kota di Indonesia yang meraih penghargaan Predikat Kepatuhan 2018 dari Sekjend Ombudsman RI Dr. Suganda Pandapotan Pasaribu, predikat zona hijau dengan nilai 89,59. Selanjutnya penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) tahun 2018 dari Menpan RB predikat B, dengnan nilai 62,87.

Bahkan untuk capaian terakhir adalah, Indek Kepuasan Masyarakat (IKM), yang mengalami peningkatan sejak tiga tahun terakhir, dari 72.12 di tahun 2017 naik menjadi 73.36 pada tahun 2018, dengan unsur pelayanan yang dinilian adalah RSUD Sultan Sulaiman, Disdukcapil, DPMP2TSP dan Dinas PUPR.

“Kami tentunya sangat berterima kasih kepada seluruh OPD dan seluruh stakeholder yang telah berkomitmen dan bekerjasama untuk bekerja dengan sebaik-baiknya. Saya berharap sederetan penghargaan ini tidak membuat kita jumawa tetapi dapat menjadi cambuk agar ke depannya kita bisa memeprbaiki kinerja, terus berinovasi agar dapat mempertahankan serta meningkatkan apa yang telah diraih pada tahun 2018, terutama untuk mencapai target 21 peraihan pada tahun ini”, pungkas Soekirman.*