TOBASA-Wakil Bupati Toba Samosir Ir.Darwin Siagian bersama dengan Anggota DPRD Kab.Toba Samosir Resman Marpaung di dampingi Kepala Dinas Pertanian,Peternakan,Perkebunan dan Perikanan Kab.Toba Samosir Sahat Manullang dan Camat Kec.Siantar Narumonda Pintor Pangaribuan,SH melakukan tanam perdana padi sawah dengan sistim Penerapan Tehnologi Anjuran Jajar Legowo di desa Siantar Tonga Tonga 1 Kecamatan Siantar Narumonda Jumat, (25/1/2019).

Acara tanam perdana padi sawah dengan sistim Penerapan Tehnologi Anjuran Jajar Legowo ini dilaksanakan di lokasi perswahan milik Parsaoran Simangunsong (46) dengan istrinya boru Sirait warga desa Siantar Tonga Tonga 1 di areal persawahan Galung/Pulo desa Siantar Tonga Tonga 1.

Pelaksanaan acara penanaman perdana padi sawah ini juga di ikuti dan didampingi Sekdis Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan Jerri Silaen, KORAMIL 13 Porsea, Kepala Desa Sangapan Marpaung, Penyuluh Partanian Lapangan (PPL) dari Balai Penyuluh Kecamatan (BPK) Kec.Siantar Narumonda Mangara Sihombing,MMA, Kabid Petanian dan Holtikultura, Kabid Perikanan, Kabid Perkebunan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Agama.

Dalam kesempatan tersebut pemilik lahan Parsaoran Simangunsong (46) mengakui kepada Gosumut usai melaksanakan tanam perdana dengan menggunakan sistim Penerapan Tehnologi Anjuran Jajar Legowo, berhasil menuai hasil panen sawah miliknya ukuran 1 rante bisa menghasilkan 30 - 35 Kaleng padi yang bersih.

"Dengan acara tanam perdana ini, kita berharap masyarakat mau mengikuti pelaksanaan bertanam padi sawah dengan memakai sistim Penerapan Tehnologi Anjuran Jajar Legowo yang kita contohkan saat ini. Tentunya untuk meningkatkan hasil pertanian sawah warga masyarakat desa," jelasnya.

Wakil Bupati pada kesempatan tersebut sebelum melaksanakan tanam perdana padi dengan sistim Penerapan Teknologi Anjuran Jajar Legowo menyampaikan, agar masyarakat lainnya warga desa Siantar Tonga Tonga 1 dapat meniru dan menerapkan sistim pola tanam ini demi kemajuan dan peningkatan hasil panen padi warga desa.

Untuk pengurusan dan perawatan dengan memakai sistim Penerapan Tehnologi Anjuran Jajar Legowo hendaklah di ikuti dan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan tatanan aturan yang ada dan sudah dilaksanakan sebelumnya. "Tentunya dengan tujuan untuk mencapai hasil panen yang lebih maksimal sesuai dengan yang kita harapkan,"ujarnya.

Kepala Desa Sangapan Marpaung menjelaskan kepada wartawan, dalam melaksanakan sistim Penerapan Tehnologi Anjuran Jajar Legowo ini telah merasakan dan menikmati hasilnya.

"Hasil panen padi sawah dengan memakai sistem ini jauh lebih baik dan menguntungkan dari pada sistim pola tanam lama yang telah dilakukan secara turun temurun dari ratusan tahun silam. Jadi kita mengubah cara pola tanam padi dari pola lama dengan pola modern saat ini yaitu sistim Penerapan Tehnologi Anjuran Jajar Legowo," tegasnya.*