TOBASA-Ratusan warga dari 5 desa se Kecamatan Siantar Narumonda Kab.Toba Samoair, Temu Ramah "Pasombu Sihol" bersama Bupati/Wakil Bupati Toba samosir dengan Warga desa Siantar Tonga Tonga 1, 2, 3 dan Desa Siantar Sititiotio serta warga Masyarakat Desa Siantar Dangsina Kec.Siantar Narumonda di desa Siantar Tonga Tonga 1 Jumat, (25/1/2019).

Camat dalam kata sambutannya menyampaikan aspirasi kepada warga desa. "Pembangunan perlu demi menunjang peningkatan pembangunan pertanian dan perkebunan ataupun sarana lainnya yang akan meningkatkan taraf hidup perekonomian warga masyarakat desa,"ungkapnya.

Anggota DPRD Resman Marpaung, dalam sambutannya menyampaikan diera sekarang sudah banyak berkurang lahan persawahan yang digunakan oleh warga dengan alih fungsi.

"Berkaitan dengan kelangkaaan pupuk, disinyalir dalam hal penditribusian yang mungkin tersendat karena di daerah kita berbeda waktu musim tanam dan tidak serentak. Untuk itu diharapkan kepada Dinas terkait untuk lebih memperhatikannya demi kebutuhan pupuk bagi masyarakat petani," tegasnya.

Wakil Bupati Ir.Hulman Sitorus,M.Si berpesan tingkatkan aktifitas bertanam padi dengan menggunakan sistim pola tanam jajar legowo yang sudah teruji untuk meningkatkan hasil panen padi para petani.kalaupun dalam bertani dilakukan hanya 1 kali dalam setahun dan masyarakat tidak bersedia untuk melakukan 2 atau 3 kali bercocok tanam padi dalam 1 tahun.

"Hendaklah para petani menggunakan lahan persawahan untuk bertanam jagung dengan menggunakan bantuan bibit jagung dari pemerintah Kabupaten yang telah di sediakan. Jangan dibiarkan lahan persawahan menjadi kosong, gunakanlah lahan perswahan milik masing masing semaksimal mungkin untuk meningkatkan penambahan penghasilan ekonomi," terang Wakil Bupati.

Dalam kesempatan tersebut tokoh masyarakat desa Narumonda 1 Tonggo Marpaung (45) menyampaikan permohon warga masyarakat desa Siantar Tonga Tonga 1 untuk pembangunan jalan dari Desa Siantar Tonga Tonga 1 menuju Desa Gala Gala Pakkailan Dolok Nauli Kec. Parmaksian yang sudah rusak parah dan butuh pembangunan.

Ditegaskannya, jalan tersebut merupakan salah satu akses jalan utama desa yang menghubungkan Kec.Siantar Narumonda menuju Kec.Parmaksian dan tembus  Kec. Porsea.

Warga desa Narumonda I Tampubolon (47) dalam kesempatan tersebut juga meminta kepada Bupati supaya melakukan perbaikan dan pembangunan bendungan di bondar aek bolon Desa Narumonda 1 yang berbatasan dengan desa Siantar Sitio. karena bendungan yang ada saat ini sudah dalam keadaan rusak parah. "Mereka berharap untuk saat ini minimal dilakukan pembuatan beronjong supaya bisa untuk mengairi lahan persawahan milik mereka seluas +_ 40 Ha mengingat bulan ini sudah mulai musim tanam padi,"ungkapnya.

Mewakili warga desa Siantar Dangsina Edison Marpaung (47) menyampaikan permohonan alat berat untuk menuntaskan pembukaan  dan normalisasi tali air aek Bondar Sigordang yang sudah 3 kali pecah dan sampai menelan korban nyawa.

Bupati Toba Samosir bersama dengan wakil langsung mencatat permohonan warga desa dan berjanji akan segera merealisasikannya dengan membawakannya ke rapat pembahasan Badan Anggaran di Pemkab Tobasa supaya di tampung dana pelaksanaan pembangunannya di Tahun 2019 ini.*