TOBASA-Arus Mudik H -3 di Kab.Toba Samosir (Jumat 28/12/2018) sudah mulai padat. Jalan Jalinsum kota Balige dipenuhi mobil pribadi dari berbagai jenis nampak hilir mudik dari Tarutung (Kab.Tapanuli Utara) menuju Medan atau sebaliknya, jumlah mobil sudah sangat padat dibanding hari biasa.

Dengan padatnya mobil yang melintas dari pusat Kota Balige menuju Medan dan Kabupaten lainnya membuat kota Balige sangat macet. Nampak mobil beriringan berjalan seperti semut hingga panjang sampai 1 KM, namun tidak berhenti total.

Macetnya arus lalulintas di Kota Balige Kab.Tobasa ditambah dengan adanya pekan semakin membuat jalan berdesakan.

Banyak warga setempat memanfaatkan Pekan Onan untuk belanja mempersiapkan perbekalan keluarga untuk menyambut pesta perayaan akhir tahun 2018.

Kapos Pengamanan Lalulintas Perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 Jalinsum Kota Balige IPDA Pol.N.G.Sembiring saat di konfirmasi dilapangan menjelaskan, padatnya arus Lalulintas dimulai pukul 09.00 WIB hingga pada pukul 15.00 sore hari ini.

Dijelaskannya, arus lalulintas ini pasti akan bertambah banyak lagi mengingat dengan kondisi hari ini H -3 jelang akhir Tahun 2018 dan Tahun Baru 1 Januari 2019.

"Jadi untuk nanti sore dan besok hari dapat dipastikan arus mudik lalulintas yang melintasi Jalinsum Kota Balige akan lebih ramai dan lebih banyak lagi di banding dengan hari ini," Jelasnya.

Untuk mengurangi kemacetan, pihak Jajaran Polres Tobasa disebar disepanjang ruas jalan Jalinsum khususnya di Jalinsum Kota Balige dan bekerja sama dengan para petugas dari Dinas Perhubungan Kab.Tobasa dan Satuan Polisi Pamong Paraja (SAT POL PP).

Ditanya mengenai adanya Laka Lalulintas dijelaskan, hingga hari ini Jumat (28/12) semenjak penetapan gelar pasukan Operasi Lilin Toba 2018 untuk pengamanan suasana Natal dan jelang Tahun Baru belum ada Laka Lantas yang terjadi yang membuat arus lalintas jadi terganggu.

"Kita berharap semoga para sopir yang mudik pada saat mengendarai kendaraannya tetap berhati hati dan jangan ngebut supaya jangan terjadi kecelakaan yang membuat perjalanan liburan mereka jadi terganggu," terangnya.

Berdasarkan pantauan GoSumut di Jalinsum Kab.Toba Samosir di 3 Kota perlintasan nampak suasana mobil mobil dari luar derah sudah memadati ruas Jalan Raya Jalinsum (Jalan Lintas Sumatera) yang melintasi 3 Kota Kab.Toba Samosir yakni Kota Porsea, Silimbat, Laguboti dan Kota Balige sebagai Ibu Kota Kabupaten.*