MEDAN-Gunawan (39) warga Jalan Bulan Medan diamankan personel Polsek Medan Kota di kawasan Medan Mall, Selasa, (25/12/2018).

Sebelum diamankan petugas, pria yang tidak memiliki pekerjaan tetap ini kerap memeras pengemudi taksi online (taksol) di seputaran Medan Maal dan Olimpia Plaza, Jalan MT Haryono Medan. “Awalnya Brigadir Juwanda yang melaksanakan penjagaan di Pos Pam Olimpia melihat gerak-gerik yang mencurigakan dari Gunawan,” ujar Kapolsek Medan Kota, Kompol Revi Nurvelani SIK.

Lanjut dijelaskan mantan Kapolsek Medan Barat ini, melihat hal tersebut, Brigadir Juwanda langsung mendatangi Gunawan yang sedang meminta uang kepada para pengemudi yang sedang mencari dan menurunkan penumpang. “Sebelumnya kita sering juga mendapat laporan dari masyarakat bahwa di Olimpia sopir taksol sering dipalak oleh preman yang ada di sekitar Olimpia. Maka dari itu, giliran ada yang kelihatan langsung kita amankan,” jelasnya.

Kepada petugas, disebutkan Revi, Gunawan mengaku sudah sering melakukan pemalakan terhadap para pengemudi Taksol. “Setiap mobil dikutip 5 ribu rupiah,” sebut Alumnus Akpol Tahun 2005 ini.

Selain itu, kata Revi, saat diamankan, Gunawan memiliki senjata tajam yang biasa ia gunakan untuk menakuti korbannya. “Saat ini, Gunawan sudah dibawa ke Polsek Medan Kota untuk pemeriksaan lebih lanjut,” tandas orang nomor satu di Mapolsek Medan Kota ini.