LABUHANBATU – Jajaran Polres Labuhanbatu melaksanakan serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek), Selasa (27/11/2018) di Halaman Mapolres Labuhanbatu. Dalam lampiran keputusan Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara Nomor, Kep/1431/ XI, 2018 tanggal 12 Nopember 2018, AKP Jonny Tampubolon jabatan lama Kapolsek Kualuh Hulu Polres Labuhanbatu, diberikan amanah jabatan baru Paur 1 SPKT Polda Sumut, AKP Asmon Bufitra selaku Kapolsek Aek Natas Polres Labuhanbatu dipercayakan menjadi Kapolsek Kualuh Hulu Polres Labuhanbatu, sedangkan AKP Soya Lato Purna selaku Kasatsabhara Polres Tebing Tinggi dipercayakan menjabat Kapolsek Aek Natas Polres Labuhanbatu.

Kapolres Labuhanbatu, AKBP Frido Situmorang dalam kesempatannya menjelaskan, serah terima jabatan dalam suatu organisasi merupakan hal yang biasa dan sering terjadi di Mapolres tersebut. Hal ini merupakan penyegaran organisasi, juga merupakan bagian dari pengembangan karir pejabat yang bersangkutan.

“Jabatan merupakan kepercayaan dan amanah. Untuk itu saudara dituntut untuk melaksanakan amanah tersebut dengan benar. Perlu saya sampaikan dan ingatkan bahwa jabatan Kapolsek merupakan pimpinan polsek yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kapolres, Kapolsek bertugas memimpin, membina, mengawasi, mengatur dan mengendalikan satuan organisasi di lingkungan polsek dan unsur pelaksana kewilayahan dalam jajarannya termasuk kegiatan pengamanan,” bilangnya.

Sebagai aparat penegak hokum, lanjut Frido, Polri merupakan bagian dari sistem peradilan pidana yang langsung, dan berperan penting serta berhubungan dengan masarakat.

“Polri tidak hanya mampu memberikan rasa aman kepada masyarakat, akan tetapi dapat mengevaluasi kembali secara menyeluruh kineerja kita terhadap pelayanan masyarakat, apa yang sudah kita perbuat untuk masyarakat, karena masyarakat membutuhkan pelayanan yang cepat. tanggap dan tidak bertele-tele, sesuai dengan kebijakan program Bapak Kapolri yaitu Promoter (Profesional Modern Dan Terpercaya). sehingga masyarakat dengan kesadaran sendiri bisa secara bersama-sama bahu membahu menciptakan situasi yang aman dan kondusif di lingkungannya,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Kapolres juga mengucapkan terimakasih kepada AKP Jonny Tampubolon yang telah bertugas sebagai Kapolsek Kualuh Hulu selama tujuh bulan dua puluh hari.

“Selama kepemimpinan saudara sebagai Kapolsek, saudara telah memberikan pengabdian serta dedikasi, loyalitas, sehingga mampu menekan angka kejahatan di wilayah saudara yang notabene adalah ibu kota Kabupaten Labuhanbatu Utara dengan terciptanya situasi kondisi kamtibmas yang aman dan kondusif,” bilangnya.

Kepada AKP Asmon Bufitra, dirinya juga mengucapkan terimakasih karena telah bertugas sebagai Kapolsek Aek Natas selama tujuh bulan dua puluh hari. Sebagai Kapolsek, Asmon disebut-sebut telah memberikan pengabdian terbaik serta dedikasi dan loyalitas hingga mampu mengungkap kasus dan penyelesaian perkara.

“Saudara juga mampu membina hubungan yang harmonis dengan sesama anggota polsek serta tokoh masyarakat, tokoh adat, sehingga terciptanya situasi yang aman dan kondusif di wilayah saudara,” tuturnya.

Selaku pejabat baru Kapolsek Kualuh Hulu, Frido juga meminta kepada AKP Asmon Bufitra untuk bekerja dengan baik. Sebab, wilayah yang dipimpinnya adalah pintu gerbang memasuki wilayah Labuhanbatu Raya dan juga sebagai ibu kota Kabupaten Labura yang memiliki masyarakat majemuk terdiri berbagai suku, agama.

“Upaya ekstra saudara sangat diperlukan, saudara harus mampu membimbing dan mengarahkan personel untuk melaksanakan tugas dengan baik, terutama dalam hal menghindari penyalahgunaan narkoba dan pelanggaran sekecil apapun. Maksimalkan personel yang ada untuk melaksanakan tugas kepolisian juga upaya pendekatan kepada pejabat daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama, ketua ormas, ketua partai, demi untuk mensukseskan tahapan pemilu serentak Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilu Legistatif secara langsung tahun 2019,” tandasnya.

Kepada pejabat baru Kapolsek Aek Natas, AKP Soya Lato Purna, Frido juga mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di Polres Labuhanbatu, dan segera menyesuaikan lingkungan tugas yang baru, jalin kerjasama dengan muspika setempat, TNI dan instansi terkait, dan potensi masyarakat yang ada untuk bersama sama mengupayakan serta memelihara terwujudnya situasi yang aman dan kondusif.

“Saya berharap kepada AKP Jonny Tampubolon yang akan meninggalkan Polres Labuhanbatu untuk melaksanakan tugas di tempat yang baru, pesan saya bekerjalah dengan baik jadikan bekal dan pengalaman saudara selama bertugas di Polres Labuhanbatu untuk lebih meningkatkan prestasi di tempat saudara bertugas,” tutupnya.