MEDAN-Wakapendam I/BB Letkol Inf Reinhard Silitonga meninggal dunia usai terjatuh saat bermain golf di Lapangan Golf Tuntungan.

Sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, orang nomor dua di Penerangan Kodam I/BB ini pun sempat dilarikan ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, Sabtu, (17/11/2018) sekitar Pukul 10.30 WIB.

Kapendam I/BB, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga membenarkan wakilnya telah meninggal dunia. "Iya benar. Waka pendam I/BB, Letkol Inf Reinhard Silitonga meninggal di RS Adam Malik Medan karena sakit," katanya menjawab konfirmasi wartawan melalui pesan Aplikasi WhatsApp.

Lebih lanjut dijelaskan orang nomor satu di Penerangan Daerah Militer I/BB ini, saat itu sekitar pukul 08.00 WIB almarhum sedang bermain golf di Lapangan Golf Tuntungan.

Namun ketika hole 9, atau tepatnya sekitar pukul 10.00 WIB, Letkol Reinhard tiba-tiba terjatuh saat berjalan. "Almarhum kemudian sempat dibawa ke RS Adam Malik untuk dilakukan penanganan medis," jelasnya.

Disebutkannya, sekitar Pukul 10.10 WIB, almarhum langsung ditangani di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit milik Kemenkes tersebut, namun kondisinya semakin menurun. Oleh sebab itu, akhirnya, pada Pukul 10.30 WIB, Letkol Inf Reinhard Silitonga dinyatakan meninggal dunia. "Saat ini jenazah masih di Ruang IGD RS Adam Malik Medan, menunggu kedatangan istri almarhum," sebutnya.

Kondisi Henti Nafas dan Jantung

Sementara itu, Kassubag Humas RSUP Haji Adam Malik, Rosario Dorothy Simanjuntak mengatakan, pasien datang ke RSUP Haji Adam Malik dalam kondisi henti nafas henti jantung.

Oleh karena itu, terhadap pasien sempat dilakukan resusitasi jantung paru 5 siklus, tapi tidak ada respon. "Pasien lalu dinyatakan meninggal dunia oleh dokter anastesi di hadapan teman yang mengantarkannya pada pukul 10.20 WIB," tandasnya.