JAKARTA - Piala AFF Sepak Bola Pantai 2018 akan segera dimulai. Turnamen sepak bola pantai ini akan digelar di Pantai Tanjung Benoa, Kabupaten Badung, Bali, 18-24 November 2018. Lima negara akan bersaing, yakni Indonesia sebagai tuan rumah, Vietnam, Malaysia, Thailand dan Timor Leste. Pada sesi koferensi pers pra-turnamen, pelatih tim nasional sepak bola pantai Indonesia Ida Bagus Nyoman Mahayasan mengatakan merasa bangga dengan jadinya Indonesia sebagai tuan rumah.

“Saya bangga sekali Indonesia kembali jadi tuan rumah sepak bola pantai internasional setelah terakhir kali 2008 jadi tuan rumah di ajang Asian Beach Games 2008,” buka Nyoman.

Nyoman mengatakan memiliki target timnya dapat bermain maksimal dan menghibur di setiap pertandingan. “Beberapa pemain sudah memiliki pengalaman di ajang Asian Beach Games 2008 dan kualifikasi Piala Dunia. Semua pemain dan ofisial berkomitmen akan berusaha semaksimal mungkin di setiap laga untuk raih hasil positif,” tambah Nyoman.

Sementara itu, pelatih Thailand, Abol Fazl, mengungkapkan, meski disebut-sebut sebagai unggulan turnamen, Thailand tidak akan menyepelekan tim-tim kontestan lain.

“Tim-tim lain pasti memiliki persiapan tersendiri yang saya pikir akan membuat turnamen ini makin kompetitif. Semua yang ada di sini punya kans untuk menjadi yang terbaik. Tapi terlepas dari itu, Thailand dan yang lain saya yakin akan menjadi bagian dari kesuksesan turnamen ini,” kata Abol.

Timor Leste, yang diwakili pelatih Joao Campos, berjanji akan jadi pembeda dalam Piala AFF Sepak Bola Pantai 2018. “Tim punya persiapak lebih dari 2 pekan, dan saya percaya diri anak-anak bisa berkompetisi dengan baik. Bagi kami, kuncinya bermain enjoy di setiap laga,” kata Campos.

Pelatih Malaysia Wan Adremy mengatakan timnya datang dengan rasa percaya diri dan menyebut turnamen ini bagus untuk sepak bola pantai Asia Tenggara. “

“Terakhir kali AFF Beach Soccer digelar di Malaysia tahun 2018. Sekarang kita memasuki yang kedua setelah empat tahun. Malaysia akan memberikan yang terbaik dalam turnamen ini. Momen ini harus kita manfaatkan sebagai bagian dari pengembangan untuk bisa berkompetisi dengan tim-tim internasional lainnya,” ungkapnya.

Pelatih Vietnam Le Vantu mengungkapkan Thailand, Malaysia, Indonesia dan Timor Leste adalah tim yang bagus dan akan menjadi ujian bagi timnya. “Saya mewaspadai Indonesia sebagai tuan rumah. Seperti kita ketahui Indonesia selalu maksimal jika bermain di hadapan suporternya di ajang-ajang sepak bola. Dan itu akan jadi tantangan tersendiri bagi kami,” kata Le Vantu.

Hari laga perdana Piala AFF Sepak Bola Pantai 2018 akan mempertemukan Thailand kontra Timor Leste dan Vietnam versus Malaysia. Sementara itu, Indonesia baru akan berlaga pada tanggal 19 November 2018 menghadapi Vietnam.

Turnamen yang pada episode sebelumnya digelar di Malaysia ini akan memakai sistem setengah kompetisi. Setiap tim akan bertemu pada fase penyisihan, peringkat kelima sudah otomatis gugur dalam turnamen ini, lalu dua negara yang duduk di peringkat teratas akan melaju ke final. Sementara itu, peringkat tiga dan empat klasemen akan berebut status sebagai peringkat tiga turnamen. Partai final akan digelar pada tanggal 24 November 2018. ***