LABUHANBATU - Kepala Kepolisian Polres, AKBP Frido Situmorang duduk bersama dengan para sopir angkot di Lapangan Ika Bina Rantauprapat, Rabu (7/11/2018) malam sekira pukul 18.30.

Pada kesempatan itu, AKBP Frido Situmorang mengkampanyekan keselamatan dan tertib berlalu lintas abang sopir dan melengkapi surat kendaraan serta surat izin mengemudi.

"Karena itu adalah bagian-bagian terpenting persyaratan sebagai sopir. Apalagi saat ini Polres Labuhanbatu sedang menjalankan Operasi Zebra 2018," jelasnya.

Kegiatan seperti ini, lanjutnya, merupakan rutinitas Polres Labuhanbatu kepada setiap komunitas.

"Saya menghimbau kepada para sopir untuk mengutamakan keselamatan terutama penumpang dan pengemudi," jelasnya.

Dia juga menegaskan, agar sesama sopir angkot jangan memprovokasi sehingga menyebabkan keributan.

"Jika ada permasalahan di jalan, silakan para sopir angkot berkoordinasi dengan jajaran Satuan lalulintas Polres Labuhanbatu," bilangnya.

Di lain sisi, memasuki masa kampanye Pilpres, Pileg 2019, Frido berharap agar para sopir yang juga masyarakat Kabupaten Labuhanbatu, untuk tidak ikut dan mudah terprovokasi dengan isu isu negatif, terutama dengan pemberitaan di media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

"Terutama grup-grup WhatsApp, agar meneliti terlebih dahulu berita atau informasi yang masih diragukan kebenarannya. Karena dengan ikut kita menyebarluaskan berita hoax, tentunya ada sanksi tindak pidananya (UU ITE)," ujarnya.

Kasat Lantas Polres Labuhanbatu, AKP Sonny Harsono menambahi, pihaknya berjanji akan mempermudah pengurusan SIM sebagaimana keluhan para sopir. Akan tetapi perlu juga diperhatikan dalam memperoleh SIM harus ada keterampilan dan ada ujian yang harus diperhatikan dan dilalui.

"Untuk tes pembuatan SIM, akan dipermudah kepada sopir angkot yang telah habis masa berlaku.
Adanya sopir tembak yang sangat rentan kecelakaan dan membahayakan penumpang
, (akan kita tindak)," tuturnya.

Kasat menjelaskan, pihaknya tidak akan mencari-cari kesalahan pengemudi ketika melaksanakan tugasnya di lapangan.

"Kepada pengemudi hindari penyebab terjadinya kecelakaan," tandasnya.

"Saya berharap mari kita jalin tali silaturahmi, antara Polisi Lalu lintas dengan para Supir untuk hati hati jaga keselamatan, setidaknya mengurangi angka kecelakaan," pintanya.

Pada acara itu, Kapolres AKBP Frido Situmorang bersama ratusan sopir angkot, Povri, Bilah Pane, Pinang Indah, Maju Jaya dan lainnya duduk bersama dan makan malam, minum bandrek sembari membagikan kaos berwarna putih bertuliskan Sahabat Polisi Polres Labuhanbatu, Polda Sumatera Utara.

Tampak hadir Waka Polres Kompol Anggoro Wicaksono, Kasat Lantas AKP Sonny Harsono, Kasat Reskrim AKP Jama Kita Purba, Kasat Narkoba AKP I Kade Herry, Kasat Sabhra AKP Suprihanto, Kasat Intel AKP Maga Simarmata, Kasat Binmas AKP Edi Sidauruk, Kasi Propam Iptu K. Hutagalung dan sejumlah Personel Polres Labuhanbatu.