PALAS-Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Padang Kawasan (Palas) bersama Anggota DPRD serta masyarakat Lingkungan IV Kelurahan Pasar Sibuhuan melaksanakan penaburan benih ikan. dilubuk larangan Aek Ulu Barumun ,Kecamatan Barumun ,Rabu (7/11/2018).

Bantuan benih ikan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provsu disalurkan melalui Dinas Perikanan dan Peternakan. Kabupaten Palas sebanyak 30 benih ikan jenis ikan emas,nila serta patin.

Ikan diperuntukan untuk 3 kelompok masyarakat yaitu Kelompok Desa Pagaranbira ,Bangun Raya dan Lingkungan IV Lorong Pendidikan ,Kelurahan Pasar Sibuhuan.

Anggota DPRD Kabupaten  Palas Raja Parlindungan Nasution.ST didampingi Jenti Mutiara,dari Komisi B  mengatakan, penaburan benih ikan lubuk larangan bertujuan mengaktifkan partisispasi masyarakat melalui kelompok masyarakat untuk pemanfaatan lahan yang berada di aliran sungai dengan membuat lubuk larangan.

Raja selaku anggota Dewan yang juga Sekretaris DPC PPP Palas  mengharapkan,  melalui kegiatan ini mampu meningkatkan motivasi serta kerjasama masing-masing anggota kelompok sehingga nantinya dapat meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat serta menjaga pelestarian lingkungan yang baik.

  "Lewat penebaran bibit ikan emas,nila serta patin sebanyak 10 ribu benih ikan ini akan bermanfaat menjaga ekosistem perairan dapat terpelihara sehingga sumber daya ikan didaerah ini dapat dikembangkan,"harapnya.

  Kadis Perikanan dan Peternakan Palas Ir Abu Bakari melalui Kabidnya Susi  mengatakan,  program ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga diterapkan kepada masing-masing kelompok masyarakat yang memiliki sungai disekitarnya khususnya yang berada diwilayah pedesaan dan perkotaan.

Ketua Kelompok Masyarakat Lorong Pendidikan lingkungan IV ,Kelurahan Pasar Sibuhuan Miswardi Pulungan mengucapkan terima kasih atas dukungan anggota Dewan serta Dinas.Perikanan dan Peternakan Palas yang telah berkontribusi memberikan bibit ikan untuk dikembangkan dilubuk larangan.

"Melalui bantuan benih ikan ini, pengembangan Budi daya ikan tawar dan menjaga ekosistem lingkungan dapat terjaga dengan baik.Disamping bermanfaat untuk mendukung ekonomi masyarakat yang dapat memanen ikan secara bersama ,"pungkasnya.*