RANTAU PRAPAT - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) H Hermansjah SE mengharapkan agar wartawan senantiasa menaati kode etik jurnalistik dalam menjalankan tugas.

"Taat kode etik ini menjadi keharusan supaya wartawan terhindar dari jeratan hukum," kata Ketua PWI Sumut dalam sambutan pada acara pembukaan Pelatihan Jurnalistik Menciptakan Wartawan Profesional Dalam Menjunjung Tinggi Etika Jurnalistik diselenggarakan Dinas Kominfo Kabupaten Labuhan Batu di Hotel Permataland Rantau Prapat, Selasa (6/11/2018).

Hadir saat itu Pelaksana Bupati Kabupaten Labuhan Batu Andi Suhaimi, Kepala Dinas Kominfo Haji Ihsan, yang mewakili Kapolres, Kejari, dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Labuhan Batu serta undangan lainnya.

Lebih lanjut dikatakan Hermansjah, agar wartawan terhindar dari jeratan hukum, selain taat dengan mendalami kode etik jurnalistik, juga wartawan dituntut harus kompeten melalui pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

"Pelaksanaan UKW ini sangat penting bagi wartawan. Karena itu PWI secara terus-menerus menggelar UKW bekerjasama dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta. PWI berharap Pemkab Labuhan Batu juga dapat menggelar UKW yang anggarannya ditampung dalam APBD," harap Hermansjah.

Gayung bersambut, Pelaksana Bupati Labuhan Batu Andi Suhaimi menyambut positif ajakan Ketua PWI Sumut untuk menggelar UKW seraya meminta Kadis Kominfo agar mengusulkan anggaran UKW untuk ditampung dalam APBD. Tujuannya agar wartawan yang bertugas di Labuhan Batu kompeten dan meningkat kualitas pemberitaannya untuk memajukan Kabupaten Labuhan Batu.

Selain itu Bupati Andi Suhaimi juga meminta setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Labuhan Batu agar aktif melakukan inovasi untuk kebaikan masyarakat. "Saya minta setiap OPD minimal membuat satu inovasi," tegas Andi Suhaimi. ***