MEDAN-Biasanya yang menjadi barista adalah pria, tapi di warung kopi Srikandi, Baristanya adalah kaum hawa. Kopi hitam itu diseduh, ditarik tinggi dituang ke cangkir berlogo tokoh wayang yang menunggu di bawahnya.

Gerakan sederhana itu ternyata bukan sekedar gaya-gaya-an ala Warung Kopi Srikandi. Ia turut berpengaruh kepada citarasa kopi.

“Begini memang cara meracik kopi hitam. Airnya harus mendidih untuk mengeluarkan saripati kopi didalamnya,”tutur Puteri, Manager Warung Kopi Srikandi Komplek Cemara Asri, Medan. Kopi dengan beberapa kali putaran ditujukan untuk sedikit mengurangi panasnya kopi karena diseduh dengan air yang mendidih.

Puteri mengisahkan Warung Kopi Srikandi yang dibangun sejak tahun 2012 itu menggunakan kopi Arabika Robusta yang didatangkan dari Sidikalang. “Kami mencapurnya dengan perbandingan 70 Arabika dan 30 % Robusta,”jelasnya.

Teknik Blending (pencampuran) keduanya menjadikan kopi lebih nikmat dan aman di lambung. “Kopi robusta dalam bentuk campuran berfungsi mengurangi rasa asam pada kopi arabika, sedangkan peran kopi arabika dapat mengurangi rasa pahit dan secara umum meningkatkan aroma yang dihasilkan,”paparnya.

Dari kopi tersebut dihadirkan beberapa jenis kopi yaitu kopi hitam, kopi susu panas, kopi susu dingin, kopi milo, kopi alpukat dan lainnya.

Banyak cemilan Srikandi memanjakan pelanggannya dengan beragam cemilan dan jajanan rakyat, mulai dari yang populer seperti pisang goreng, ubi kayu goreng, ubi rambat goreng, bakwan sayur,  mie goreng, nasi goreng hingga beragam kolak bahkan rujak.

Mie tektek adalah salah satunya menu jadul yang banyak digemari. Ia adalah mie telur yang ditumis seafood, pabrika, acar dan dilengkapi dengan telur dadar.

Sayap ayam diolah begitu nikmat di tempat ini.Tersedia pilihan sayap bakar pedas dan sayap bakar asam manis. Sayap paling ujung dari ayam ditipiskan selanjutnya ditusuk sate dan dibakar dengan bumbu dengan pilihan manis atau pedas manis. Nasi goreng petai juga tidak kalah menggoda. Nasi goreng disajikan  dengan udang dan cabai hijau rajang. Kehadiran petai memberi sensasi menambah nikmat sang nasi goreng.

Srikandi Cemara Asri menjadi tongkrongan nyaman dengan interior yang menghadirkan tanaman hidup. Suasana asri dengan konsep roof garden. Jika Anda berada di posisi tengah kota, di titik nol kota Medan bisa mengunjungi Warung Srikandi Merdeka Walk.