MEDAN-Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) memberikan apresiasi kepada lima atlet pencak silat UKM Tapak Suci universitas tersebut.

Apresiasi berupa tali asih tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Rektor III UMSU, Dr Rudianto pada pembukaan Program Kajian Al-Islam dan Muhammadiyah di Gedung Diklat Aisyiyah Sumut, Jalan Demak Medan, pada hari Sabtu, 3 November 2018 kemarin.

Sedangkan lima atlet tersebut berprestasi pada Kejuaraan Pencak Silat Nasional Yogyakarta Championship IV/2018 di Yogyakarta.

Penyerahan apresiasi diberikan di hadapan 180 mahasiswa baru UMSU yang sedangkan mengikuti program pembinaan karakter (soft skill) dalam format kajian Al- Islam dan ke-Muhammadiyahan.

Diharapkan pemberian apresiasi ini dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa baru itu untuk mengikuti jejak dan prestasi seniornya.

Kata Rudianto, kesuksesan lima atlet UKM Tapak Suci pada Kejuaraan Pencak Silat Nasional Yogyakarta Championship IV/2018 di Yogyakarta merupakan hasil dari sebuah proses yang sungguh-sungguh untuk memberikan keseimbangan pendidikan antara hard skill dan soft skill.

Rudi menjelaskan, kini banyak alumni UMSU yang diburu pasar kerja karena ternyata alumni tersebut memiliki sesuatu yang berbeda dengan lulusan perguruan tinggi lain. “Alumni UMSU itu, selain kuat dalam hard skill juga kuat dalam soft skill,” ujarnya.

Pengembangan dan pembinaan soft skill mahasiswa tidak saja dilakukan melalui UKM yang ada tapi juga dilakukan melalui unit pengembangan kewirausahaan.

Saat ini banyak mahasiswa UMSU yang dibina dan didampingi untuk dapat menjadi entrepreneur muda atau starup dalam berbagai inovasi dan hasil industri.

Pembinaan menjadi entrepreneur muda, kata Rudianto, kini menjadi program serius UMSU untuk menjadikan alumni memiliki kesiapan dalam menghadapi pasar kerja yang sangat kompetitif.

Menyabet 4 Medali Emas

Lima atlet pencak silat UKM Tapak Suci UMSU sukses menyabet empat medali emas, satu medali perak dan satu medali perunggu pada Kejuaraan Pencak Silat Nasional Yogyakarta Championship IV/2018 di Yogyakarta.

Kelima atlet pencak silat itu adalah Muhammad Arief Putra Saleh, Juara I Fighter Klas B Dewasa, Jasa Syahputra Juara I Fighter Klas D Dewasa, Ridho Putra Saleh Juara II Fighter Klas C Dewasa, Khairi Ramadani Juara I fighter Klas A Dewasa dan Nelly Nurmala Sari Juara III Fighter Klas B Dewasa.

Pembina UKM Tapak Suci UMSU Dr Fajar Pasaribu mengatakan UKM Tapak Suci merupakan satu dari sekian banyak UKM yang dimiliki UMSU dalam pembinaan soft skill mahasiswa.

UKM Tapak Suci membina sekitar 200 atlet pencak silat yang siap untuk diterjunkan ke berbagai kejuaraan pencak silat.