MEDAN - Hingga akhir tahun 2018, Heartindo menargetkan dapat menjangkau 600 sekolah lagi di Sumatera Utara (Sumut) untuk sosialisasi Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Yakni di kawasan Tapanuli Utara, Medan, Toba Samosir, Tebing Tinggi dan Asahan.

Program Manajer Heartindo, Dede Hariani menuturkan lembaga yang bergerak di bidang pendidikan dan kesehatan sejak tahun 2009 ini memanfaatkan dana CSR (corporate social  responsibility). Kegiatan besar yang dilakukan adalah sosialisasi Sekolah Sehat yang melibatkan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan.

“Hingga kini, kita sudah menjangkau 10 kabupaten kota dengan jumlah 107.076 siswa di 407 sekolah dasar,” tuturnya dalam Temu Pers Penyampaian Capaian Kerja Heartindo dan LPBSU 2018 di Istana Koki Medan, Kamis (6/9/2018).

Dikatakan Dede, sebenarnya masih banyak Sekolah Dasar (SD) di Sumut yang belum tersentuh sosialisasi PHBS ini. Karena baru 407 SD yang dijangkau dari total 2.950 SD. Karenanya Heartindo akan terus berupaya melakukan sosialisasi. Sehingga sekolah sebagai tempat belajar, tidak saja perlu memiliki lingkungan bersih dan sehat, yang mendukung berlangsungnya proses belajar dan mengajar yang baik. Namun, juga diharapkan mampu membentuk siswa yang memiliki derajat kesehatan yang lebih baik. “Dan lingkungan sekolah sehat, tentu akan sangat mendukung pencapaian tujuan pendidikan,” terangnya.

Selain itu, Heartindo juga ikut berperan dalam pendistribusian Vitamin A dan Obat Cacing pada beberapa kabupaten dan kota di Sumatera Utara bekerja sama dengan Vitamin Angel dari California, USA. HeartIndo mempunyai wilayah di kab/kota untuk wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Nanggroe Aceh Darussalam. Wilayah kerja Binaan meliputi PAUD,SD,SMP,SMA dan Puskesmas serta komunitas di level provinsi sampai dengan desa yang bekerjasama dengan para donor dan stakeholders.