PALAS- Dengan memberdayakan masyarakat setempat untuk pengelolaan anggaran dana desa (DD) tahap (II) 40% tahun 2018, Desa Panarian, Kecamatan Barumun Selatan (Barsel) Kabupaten, Padanglawas (Palas) laksanakan pembangunan sarana infastruktur jalan setapak rabat beton sepanjang 200meter dan lebar 2,5meter, ke lokasi lingkar desa.
 
Kades Panarian Ali Akbar Nasution menyatakan, pelaksanaan pembangunan fisik infastruktur jalan rabat beton sepanjang 200 meter dan lebar 2,5 meter yang menuju ke lokasi lingkar keliling desa dan dipemberdayakan oleh masyarakat setempat.
 
Sebelumnya, kata Kades Ali Akbar Nasuton kepada GoSumut, Sabtu (1/9/2018) di lokasi pekerjaan bangunan rabat beton, bahwa pencairan tahap (I) 20% tahun 2018 sudah selesai dilaksanakan yaitu berupa fasilitas pendidikan ruang guru maupun pembangunan sarana dan prasarana rehabilitasi renovasi Madrasah Diniyah Tamilliyah Awaliyah (MDTA) di desa Panarian, Kecamatan Barsel.
 
“Pembangunan ini merupakan hasil sepakat musyawarah desa (Musdes) dan lanjutan pekerjaan tahap (I) 20% tahun ini dengan melibatkan kaur desa, yang dikerjakan secara swakelola masyarakat setempat” terang Kades Panarian.
 
Sementara ketua BPD, Ahmad Soleman Lubis didampingi hatobangon desa Ayunan Nasution dan tokoh masyarakat Abdul Hafis Hasibuan, Effendy Nasution mengungkapkan, dengan adanya bangunan jalan setapak rabat beton panjang 200m dan lebar 2,5m ke lingkar desa untuk mendukung sarana jalan transport keluar masuk bagi warga.
 
“Soleman berharap agar pekerjaan bangunan nantinya selesai kita dapat jaga bersama guna meningkatkan perekonomian masyakat petani yang sebelumnya kesulitan keluar masuk keliling desa.