LABUHANBATU- Polres Labuhanbatu bekerja sama dengan Pimpinan PTPN IV unit Usah Ajamu, menggelar sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Narkotika (P4GN), Rabu (29/8/2018) kemarin. Acara yang berlangsung di Aula Mes PTPN IV Unit Usaha Ajamu, dihadiri Pimpinan Management karyawan/i Perkebunan PTPN IV unit usaha Ajamu, Forkompika Kecamatan Panai Hulu, Tokoh Agama, tokoh masyarakat dan Organisasi Sosial Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat), Kecamatan Panai Hulu.

Kepala Bagian Operasional Satuan Narkoba Ipti Panondang Purba pada kesempatan itu menjelaskan, narkoba adalah masalah yang serius yang harus dihadapi.

"Tugas kita sebagai masyarakat turut berperan aktif memerangi peredaran narkoba, makanya kita membuat sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) saat ini," jelas dia.

Pada kesempatan itu, masyarakat dan tamu undangan yang hadir diperkenalkan dengan segala bentuk jenis narkotika dan apa dampak apabila seseorang mengonsumsi narkoba melalui layar monitor proyektor.

"Kecamatan Panai Hulu merupakan jalur perlintasan antara Provinsi Jateng dan Jatim, itu jadi khawatiran kami, mengingat peredaan narkoba sangat memprihatinkan dan hampir semua kalangan bisa menjadi korbannya," sebutnya.

Manager PTPN IV Unit Usaha Ajamu, Ir Panto Hutagalung mengungkapkan, melalui silaturahmi dan sosialisasi ini, kiranya dapat bermanfaat dan berkesinambungan demi menyelamatkan generasi penerus bangsa.

"Setidaknya dapat mengenali bagaimana bentuk Ndari jenis jenis Narkotika dan dampaknya, sehingga dapat menghindari kita dari penyalah gunaan dan sekaligus dampak bahaya Narkoba bagi seluruh Pimpinan Karyawan/ karyawati khususnya masyarakat di lingkungan PTPN IV Unit Usaha Ajamu," ucapnya.

Secara terpisah, Camat Panai Hulu H.Turing Ritonga dalam arahannya mengatakan, sosialisasi ini adalah kegiatan positif dan selaku pimpinan Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu, di Kecamatan Panai Hulu, dirinya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kepolisian Polres Labuhanbatu dan juga Manager Ir Panto Hutagalung, yang sudah memfasilitasi hingga acara ini dapat terlaksana.

"Terkait masalah narkoba, ini merupakan musuh kita bersama dan sudah merambah sampai ke seluruh pelosok Negeri. Bagi yang sudah menjadi pecandu akan berdampak bagi kesehatan fisik maupun kejiwaannya," tandasnya.

Usia remaja, kata dia, tergolong dalam usia rentan terhadap penyalahgunaan narkoba. Sebab, di usia ini sedang tumbuh kembang dan proses pencarian jati diri. Usia remaja sangat labil dan mudah sekali dipengaruhi oleh pengaruh yang tidak baik yang datangnya dari masyarakat atau dari lingkungan sekitar.

"Harapan kita bersama mari kita seluruh elemen masyarakat, ikut mengambil peranan dalam memerangi penyalahgunaan dan peredaran Narkoba di wilayah kecamatan Panai Hulu," tutup Turing.