PALAS- Jemaah  pengajian  dari berbagai penjuru desa dan kecamatan  tumpah ruah memadati  lokasi Lapangan Kanoko untuk mengikuti  kegiatan pengajian  amaliyah akbar sebagai agenda rutin pemerintah yang dilaksanakan  disetiap kecamatan secara begiliran setiap  bulannya.
 
Untuk bulan Agustus  ini mendapat giliran Kecamatan Sosa yang melaksanakan pengajian Amalia Akbar, Kamis  (30/8/2018 ). kegiatan pengajian mengusung  thema, "Dengan Pengajian Amalia akbar Mari Kita Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah  Demi Terwujudnya Kabupaten Palas  Bercahaya.".
 
Selain kegiatan pengajian juga dirangkai  pemberian santunan kepada puluhan  anak yatim dan siraman dakwah oleh Ustadz Mahmud Yunus Daulay. 

Dalam sambutan Bupati Palas yang dibacakan Wakil Bupati H Ahmad Zarnawi Pasaribu  berharap ibu -ibu pengurus dan anggota Amaliyah Akbar mulai dari Kabupaten sampai kecamatan, bahkan ke desa untuk terus menghidupkan dan rnenggalakkan pengajian yang telah terbina selama ini dilingkungan masing-masing dengan demikian cita-cita untuk mewujudkan Kabupaten Palas menjadi daerah yang Baldatun Toyyibatun Warobbon Ghofur dapat tercapai menuju Kabupaten yang Bercahaya.
 
Wabup mengingatkan bahwa faktor lingkungan berkuasa atas pembentukan karakter anak serta lahirnya pemimpin yang cerdas dan amanah dimasa depan. "Ia  adalah proses pendidikan yang kita berikan kepada anak -anak kita pada saat ini," ucapnya. "Mari kita ciptakan generasi muda yang cerdas, beriman,berbudi luhur serta berakhlak mulia,"pintanya 
 
Dalam kesempatan itu ia mengajak agar pengajian Amaliyah Akbar jadi sebagai majelis ilmu yang  bermanfaat bagi masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. "Karena ibadah tanpa disertai dengan ilmu akan menjadi sia-sia,"ucapnya.
 
Oleh karena itu,pinta Wabup, melalui pengajian yang dilaksanakan agar menjadi sebagai wahana pembelajaran dan solusi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan pengajaran,tuntutan dan pembinaan mengenai ilmu agama . 
"Melalui pengajian rutin Amaliyah Akbar ini diharapkan dapat membimbing dan membina kehidupan masyarakat dikabupaten Palas, agar senantiasa melaksanakan kewajiban ibadah terhadap Allah SWT , serta menjauhi semua laranganNya , "pinta Zarnawi  kepada jemaah. 
 
Wabup berpesan, kegiatan pengajian juga dijadikan pondasi  dalam mendidik anak. Kemajuan teknologi informasi saat ini ,katanya, berpengaruh besar dalam karakter anak, ditambah dengan kondisi Kabupaten Palas yang sedang berkembang.
 
Sebelum mengakhiri sambutannya ,Wabup  mengingatkan, warga sesuai informasi dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional(BKKBN)menyatakan, dimasa yang akan datang bangsa akan mendapatkan bonus demografi. "Ledakan penduduk usia produktif yang akan diperkirakan akan terjadi ditahun 2020 - 2030,"katanya. 
 
Sementara Camat Sosa Asnan mengatakan, pengajian ini hendaknya tidak sekedar dianggap sebagai kegiatan seremonial tanpa dimaknai  bagaimana pengajian Amaliyah Akbar ini mampu memberikan perubahan. Khususnya terhadap sikap dalam beragama dan menjadikan agama bukan sebagai identitas, tapi lebih dari itu, tercermin dalam ketaqwaan yang dikembangkan dalam kehidupan sosial bermasyarakat.