PALAS - Hasil hitung suara cepat (quick count) Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumut di Kabupaten Padang Lawas menempatkan pasangan Edy Raahmayadi-Musa Rajekshah (Eramas) menduduki peringkat pertama sementara dengan perolehan suara sebanyak 76.9 persen dari rivalnya pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar PH Sitorus (Djoss) dengan memperoleh 21.0 persen.

Sesuai data Desk Pilkada Palas pukul 17.15, dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) 156.027 pemilih, jumlah suara sah yang masuk sebanyak 30.274 atau 19.5 persen ditambah suara tidak sah 673 atau 0.4 persen. Jumlah suara sah dan tidak sah yang masuk 30.947 atau 21 persen, dan partisipasi pemilih sebesar 20 persen.

Ketua Desk Pilkada, Arpan Nasution yang juga Sekda Palas didampingi Sekretaris Budiman Nasution mengatakan, ini hasil perhitungan sementara dan akan terus mengalami perubahaan. Sebab, jumlah suara yang masuk baru 20 persen dari 449 TPS yang tersebar di wilayah Kabupaten Palas.

"Perhitungan cepat sistem quick qount ini terus menginput data dari petugas yang kita sebar di desa dan TPS untuk terus melaporkan perkembangan hasil perhitungan suara pilkada Kabupaten Palas dan Provinsi Sumut," kata Arpan.

Harapannya, tambah dia, hasil akhir perhitungan suara nantinya akan ditetapkan oleh pihak KPU Kabupaten Palas yang melaksanakan sistem perhitungan secara manual.

"Tentu kita tunggu hasil valid dari lembaga penyelenggara," tandasnya.