PALAS - Bupati Padang Lawas, H.Ali Sutan Harahap bersama keluarga mendatangi TPS 24 Lingkungan VI, Kelurahan Pasar Sibuhuan, untuk memberikan hak pilihnya pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Palas dan Pemilihan Gubernur - Wakil Gubernur Sumut.

Usai menyalurkan hak suara di TPS, Bupati Palas dan rombongan melanjutkan memonitoring ke TPS 21, 23, 3, di sekitar pusat ibukota Sibuhuan dan TPS di sejumlah desa Kecamatan Lubuk Barumun dan Barumun, Rabu (27/6/2018).

Rombongan Tim Monitoring yang dipimpin langsung Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap (TSO) bersama Tim Desk Pilkada Kabupaten Palas dan sejumlah pimpinan OPD serta turut hadir Puspen Kemendagri anton Soeharsono, Kabag Program dan Umum Sekjen Kemendagri dan Haikal serta Biro Otda dan Hukum dari Provinsi Sumut Misbah dan Yunan dan sejumlah Jurnalis.

Bupati Palas H. Ali Sutan Harahap mengatakan, hasil pantauan di lapangan dari sejumlah TPS, pelaksanaan hari H pilkada berjalan tertib, lancar dan kondusif.

“Telihat animo partisipasi masyarakat Palas cukup tinggi terhadap kepentingan Pilkada Palas dan Sumut. Tentu hal ini cukup baik dan positif," kata Bupati.

Hal itu dibuktikan dengan tingkat kehadiran jumlah pemilih yang terus berbondong-bondong mengantre di kursi tunggu yang berada di TPS untuk menunggu giliran panggilan dari petugas KPPS.

"Harapan kita, hasil demokrasi Pilkada tahun ini menjadi cermin pemilu yang bermartabat dan jujur dan adil (Jurdil) ,” tuturnya.

Berdasarkan hasil dialog dengan petugas KPPS di sejumlah TPS yang dukunjunginya, terlihat begitu bagus respon positif masyarakat dengan memberikan partisipasinya menyalurkan hak pilihnya. Ini membuktikan hak berdemokrasi masyarakat semakin cerdas dan maju.

Tingginya animo masyarakat untuk tidak golput dan memilih, dinilai sebagai kontribusi untuk kepentingan kemajauan demokrasi dan berkedaulatan yang melahirkan pemimpin provinsi dan kabupaten untuk lima tahun ke depan.

“Saya menilai, kinerja KPU Palas selaku penyelenggara Pemilu dalam mempersipakan kebutuhan logistik dan kelengkapan lainnya di TPS, cukup baik dan tertata dengan baik," ujar TSO.

Menurut Bupati, tidak ada keluhan dari masyarakat atau pemilih menyangkut kelengkapan surat suara atau lainnya yang dibutuhkan.

Melihat antusiasnya masyarakat ini, imbuh Bupati, sebagai bukti nyata bahwa peran KPU dalam mensosialisasikan mengajak masyarakat mengunakan hak pilihnya, cukup baik sehingga ke depan dapat menjadi pelajaran penting dalam pemilu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Bupati menambahkan, kepedulian masyarakat sudah semakin tinggi tentang pengetahuan makna demokrasi. Hal ini sangat penting sebagai pilar mendongkrak kemajuan daerah dengan memilih pemimpin Provinsi Sumut dan Kabupaten Palas," pungkasnya.