PALAS – Kapolres Tapanuli Selatan, AKBP Mohammad Iqbal bersama anggota TNI, KPU dan Panwaslih Kabupaten Padang Lawas melakukan patroli serta pengecekan kesiapan TPS di sejumlah tempat, Selasa (26/6/2017) pagi hingga malam hari. "Kita lakukan pengecekan kesiapan TPS jelang pemilihan besok serta memeriksa kesiapan pengaman kotak suara oleh KPPS dan anggota juga Linmas. Hal ini guna terciptanya pilkada yang aman dan tertib mulai dari pencoblosan, pemungutan suara hingga perhitungan suara di TPS," ungkapnya.

Untuk memastikan proses kesiapan TPS, kata Kapolres, dilaksanakan patroli cek langsung ke setiap lokasi TPS yang tersebar di inti kota Sibuhuan dan desa di wilayah Kabupaten Padang Lawas.

Dikatakannya, patroli ini bertujuan sejauh mana kesiapan TPS untuk proses pencoblosan agar berlangsung secara aman dan tertib, sekaligus meminta laporan KPPS tentang jumlah pemilih di masing-masing TPS serta daftar undangan masyarakat pemilih apa sudah sesuai jumlah dan mengetahui lokasi TPS.

Disela pengecekan ke sejumlah TPS, Kapolres mengatakan, proses pilkada bukan hanya peran dari unsur pengaman saja seperti Polri, TNI dan Linmas, tetapi peran dari warga juga sangat berpengaruh dalam mewujukan pemilu yang jujur dan adil.

Ia menambahkan, Pilkada ini merupakan tanggung jawab bersama, dan wajib mengawal Pilkada mulai dari pencolosan sampai perhitungan suara.

"Siapa yang terpilih, itulah keputusan warga Palas. Jadi, harus dihormati, yang jelas wujud Pilkada berlangsung jujur adil dan bermartabat," tandasnya.