PALAS - Kepala Polisian Resort (Kapolres) Tapanuli Selatan, AKBP Mohammad Iqbal pimpin apel pada pergeseran pasukan (Serpas) pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2018. Pada apel serpas yang berlangsung di halaman komplek perkantoran SKPD Terpadu Pemkab Palas, Senin (25/6/2018), dihadiri unsur Forkopimda wilayah hukum Polres Tapsel, Kabupaten Palas dan Kabupaten Paluta, Kaden C Brimob Poldasu AKBP Bravo Asena.

Kemudian hadir juga para PJU Polres Tapsel, Danyon 123/RW yg diwakili oleh Danki Pan C Gunung Tua Kapten Inf Mansyur Heralam, dan Dandim 0212/TS yang diwakili para Danramil sejajaran wilayah Kabupaten Tapsel, Kabupaten Palas dan Paluta.

Peserta apel serpas Pam TPS antara lain pleton personel Kompi Pan C Gununungtua, pleton personel Koramil gabungan wilayah Kabupaten Tapsel, Kabupaten Palas dan Kabupaten Paluta, kompi personel Den C Brimob Sipirok, personel Brimob BKO Poldasu sebanyak 310 personel, dan Polres Tapsel dan jajaran sebanyak 256 personel.

Personel Pam TPS Pilkada Serentak Tahun 2018 di wilayah hukum Polres Tapsel berjumlah 4.307 personel. Ini terdiri dari 256 personel Polres Tapsel, 310 personel BKO Polda Sumut, 225 personel BKO TNI, dan 3.516 personel Linmas.

Kapolres Tapsel AKBP Mohammad Iqbal mengatakan, apel pergeseran pasukan ini sangat penting, mengingat tahapan pemungutan suara pada Rabu (27/6/2018) tinggal beberapa hari lagi.memasuki tahapan pemungutan suara pada Rabu (27/6/2018).

“Tujuannya untuk mengetahui kesiapan personel yang terlibat dalam pengamanan, baik secara moril maupun materil seperti perlengkapan perorangan selama pelaksanaan Ops Mantap Praja Toba 2018,” ungkapnya.

Melalui Apel serpas, Kapolres mengajak seluruh personel Pam TPS untuk mewujudkan komitmen bersama di dalam menyukseskan Pilkada serentak Tahun 2018 dengan jujur, adil, aman dan tertib, sehingga semua tahapan pilkada dapat terlakasana dengan aman, lancar dan kondusif.

Kapolres Tapsel juga mengajak, untuk menindaklanjuti atensi peningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan spritual dalam setiap pelaksanaan tugas.

“Meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi terhadap segala bentuk ganguan Kamtibmas selama pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018, menjaga dan memelihara netralitas TNI/Polri untuk mewujudkan keadilan dan kejujuran dlm pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2018 di wilayah hukum Polres Tapsel,” terangnya.

Selain itu, katanya, para Kapolsek diminta cek dan ricek kesiapan anggota yang melaksanakan Pam TPS dan memberikan Acara Pimpinan Pasukan (APP) yang jelas sebelum bertugas agar anggota dapat melaksanakan tugas pengamanan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku.

“Selanjutnya meningkatkan koordiinasi dan kerjasama antar petugas pengamanan, antar kesatuan dan pelihara sinegritas yg telah terjalin dengan baik selama ini, dan mengutamakan kesehatan dan keselamatan anggota dalam setiap pelaksanaan tugas,” tandasnya.*