MEDAN - Banyak yang menilai bahwa debat Pilgub Sumut edisi ketiga yang digelar pada Selasa (19/6/2018) malam di Hotel Dyandra Santika merupakan debat paling seru dibandingkan yang sebelumnya. Masing-masing paslon, selain menyampaikan penajaman visi dan misinya, juga mengeluarkan berbagai data untuk unggul pada debat ketiga tersebut.

Sementara menurut pengamat politik, Shohibul Anshor, pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumut nomor urut 2, Djarot Saiful-Sihar Sitorus (Djoss) terlihat frustasi pada debat ketiga itu.

"Djarot dan Sihar sebetulnya cukup frustrasi karena tak beroleh perkembangan dukungan masyarakat. Pasangan ini stagnan pada warna dukungan primordial yang sudah jenuh," katanya saat diwawancarai awak media, Rabu (20/6/2018).

"Saya kira itu yang terjadi mengapa Djarot tak mampu tampil dan beroleh simpati masyarakat," imbuhnya.

Sedangkan paslon nomor urut 1 Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah, ujar Shohibul Anshor, terlihat menguasai panggung di hampir seluruh sesi.

"Debat tadi malam kelihatan paslon Edy-Ijek sudah paham trik paslon Djoss hingga dapat diatasi dengan peningkatan agresivitas. Eramas unggul tadi malam," tandasnya.