MEDAN - PT. Kereta Api Indonesia Divisi Regional l Sumatera Utara siap menghadapi arus mudik Lebaran 2018.

Saat ini penyedia jasa transportasi itu telah melakukan persiapan seperti jalur perlintasan dan lokomotif Kereta Api.

Vice President PT KAI Divre I Sumut, Rusi Haryono mengatakan, persiapan yang dilakukan itu untuk memastikan arus mudik Lebaran 2018 khususnya untuk kereta api tidak ada kendala.

"Jalur sudah kita lakukan pengecekan lintasan, rel, wesel di stasiun, dan jembatan. Dan, sampai saat ini belum menemukan kendala-kendala," kata Rusi.

PT KAI Divre l Sumut juga menyiagakan personel keamanan sebanyak 305 personel yang terdiri dari Polri-TNI dan Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska). Sekitar 250 petugas akan disiapkan untuk di perlintasan jalan (PJL), terutama yang tidak ada palang pintunya.

"Jadi, yang tidak ada palang pintunya kita perkuat dengan PJL ekstra 250 orang dan kita sebar keseluruh perlintasan tidak resmi," ungkap Rusi.

Rusi juga menambahkan, pihaknya juga akan memindahkan pelataran parkir yang berada di depan Stasiun Kereta Api Medan ke arah Lapangan Merdeka Medan.

"Pemindahan itu untuk memudahkan masyarakat dan pengguna jalan agar tidak terjebak macat dan arus lalu lintas juga tidak terganggu," tambahnya.***