MEDAN - Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, yang juga Ketua Yayasan Haji Anif (YHA) diketahui memang sudah sejak lama berkecimpung di berbagai organisasi. Baik organisasi yang bertemakan olahraga, otomotif, sosial, hingga pendidikan.

Hingga kini pun, sudah banyak masyarakat yang merasakan kepedulian dari yayasan yang dikelola oleh keluarganya.

Kali ini, kepedulian dari keluarganya kembali dibuktikan dengan diresmikannya renovasi gedung kuliah bersama, yang ada di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), Jalan IAIN, Medan, Kamis lalu.

Diketahui gedung kuliah di Kampus UINSU itu sudah beberapa tahun tidak digunakan karena kondisinya sudah tidak layak. Setelah diresmikan Gubsu Marah Halim Harahap pada 1973 lalu, di 2018 atau 45 tahun kemudian, Musa Rajekshah merenovasi gedung kuliah itu.

Pada kesempatan itu, pria yang akrab disapa Ijeck itu bersama Rektor UINSU Prof. Dr. Saidurrahman, M. Ag, melakukan penandatanganan prasasti terhadap gedung tersebut. Ijeck juga mengungkapkan, kehadirannya ke sana bersama sang ayah Haji Anif, merupakan sebagai dewan penyantun.

"Tadi saya bersama pak rektor sudah melakukan tanda tangan peresmian renovasi gedung kuliah umum yang baru. Dan pemberian bantuan ini, diharapkan dapat menunjang pendidikan bagi generasi kita," ujar Ijeck.

Ia menyebutkan, kegiatan kali ini bukan semata-mata karena dirinya saat ini sedang mengikuti kontestasi Pilkada. Namun dirinya mengaku, memang jauh sebelum Pilkada, keluarga dan yayasannya telah sering memperhatikan pendidikan yang ada di Sumatera Utara.

Menurutnya, walaupun UIN merupakan kampus negeri, namun tak ada salahnya jika pihak swasta juga memberikan bantuan.

"Pastinya bantuan ini bukan karena Pilkada, karena sudah jauh-jauh hari orang tua saya sudah memberikan bantuan seperti ini. Dan saya sebagian salah satu dewan penyantun, saya rasa tidak salah dan wajib untuk membantu dunia pendidikan yang ada di daerah kita," katanya.

Ketua Dewan Penyantun Haji Anif mengungkapkan, pengalaman pribadilah yang membuatnya sangat memperhatikan dunia pendidikan. Ia tidak ingin generasi penerus saat ini, merasakan hal yang sama seperti dirinya.

"Karena saya dulu tidak sekolah, jadi saya ingin generasi penerus bisa merasakan pendidikan yang layak, dan pintar semua," ungkapnya.

Ia berharap, nantinya gedung tersebut dapat digunakan dengan semaksimal mungkin. Serta keberadaannya dapat dirasakan oleh semua civitas UINSU, dan dapat membantu kelancaran proses belajar mengajar di sana.

"Kita berharap nantinya bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, karena tanpa pendidikan yang baik, tak mungkin bangsa ini bisa maju," ucapnya.

Mendapat bantuan tersebut, Rektor UISU Prof. Dr. Saidurrahman pun memberikan apresiasi kepada Haji Anif dan Ijeck.

Ia yakin, Ijeck dan sang ayah tidak tebang pilih dalam memberikan bantuan. Karena memang dirinya juga mengetahui sepak terjang sosial keduanya.

"Tentunya kami sangat memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ayahanda Haji Anif, sebagai ketua dewan penyantun. Kita yakin sudah banyak yang dibantu oleh Haji Anif dan Bang Ijeck," pungkasnya.