MEDAN - Keberhasilan Sumatera Utara menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 bersama Provinsi Aceh, menuntut kekompakan aparatur Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) agar tujuan organisasi mensukseskan PON 2024 dapat tercapai maksimal. "Salah satu upaya menjaga kekompakan dan kebersamaan itu adalah buka puasa bersama ini. Momentum bulan Ramadan ini sangat baik untuk meningkatkan kualitas kinerja kita di Dispora," kata Kepala Dispora Sumut, Baharuddin Siagian, dalam sambutannya di acara buka puasa bersama ASN Dispora di Masjid Al Umaro, Kompleks Sumut Sport Centre, Jalan Willem Iskandar, Medan, Rabu (23/5/2018).

Baharuddin yang juga Ketua Pembina Badan Kemakmuran Mesjid (BKM) Al Umaro, menyebutkan, buka puasa ini juga bagian dari upaya untuk implementasi Dispora sebagai super tim.

"Arahan Pak Gubsu, dalam OPD (organisasi perangkat daerah) harus kompak, sehingga tujuan Dispora tercapai. Apalagi Sumut sudah terpilih sebagai tuan rumah PON. Dispora harus bisa menjadi barometer kemajua olahraga dan kepemudaan," kata Bahar memotivasi jajarannya. Turut hadir Plt Sekretaris Dispora Sumut, Sujamrat Amro, Kabid Pelayanan Pemuda M.Tohir dan Kabid Pembudayaan Olahraga Rudi Rinaldi.

Tuan rumah PON 2024 kata Baharuddin merupakan momentum Sumut untuk mengejar dan mengimbangi Sumatera Selatan yang tahun ini akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

"Potensi Sumut saya kira lebih besar dibandingkan Sumsel. Kita harus mengejar apa yang sudah dilakukan Sumsel dengan kebersamaan dan kerja keras," tegasnya.

Baharuddin dalam kesempatan itu mengatakan, dirinya sering mengajak diskusi ASN Dispora dengan duduk atau makan bersama seperti yang berlaku dalam acara buka puasa itu.

"Kalau rapat formal kadang ide tak keluar. Tapi dengan diskusi non formal begini, banyak masukan yang bisa diserap," katanya.

Ketua BKM Al Umaro, Zulham Effendi Siregar didampingi Sekretaris BKM, Budi Syahputra, menambahkan acara buka puasa bersama baru kali diselenggarakan Dispora Sumut di Masjid Al Umaro Kompleks Sport Centre.

"Alhamdulillah tahun ini ASN Dispora bisa berbuka puasa dengan masyarakat, mahasiswa dan petugas kebersihan di kompleks perkantoran," kata Zulham.

Budi menambahkan, masjid yang dulunya bernama Masjid Al Umaro Kompleks Perkantoran Pemda ini, didirikan dan diresmikan oleh Gubsu Tengku Rizal Nurdin pada 1999. Saat ini masjid terus dimakmurkan dengan menambah dan memperbaiki fasilitas masjid. Pada bulan Ramadan tahun ini, BKM Al Umaro juga menyediakan makanan berbuka yang disediakan ASN Dispora secara bergantian setiap hari dan Salat Tarawih berjamaah.

"Masjid ini juga menjadi bagian tak terpisahkan dari Sumut Sport Centre. Saat ini sudah ada fasilitas olahraga seperti sirkuit sepatu roda, sirkuit balap motor, bowling, GOR Futsal, stadion mini Dispora, lapangan tenis, lapangan basket, lapangan voli, dan termasuk juga Gedung Serba Guna. Ke depan akan ada tambahan fasilitas seperti wisma atlet," pungkasnya. *