MEDAN - Nama besar Sumatera Utara (Sumut) di olahraga catur sudah dikenal sejak lama. Kejayaan catur Sumut di level nasional maupun internasional harus kembali direbut.

‘’Nama besar Sumut sebagai pabriknya pecatur-pecatur andal kiranya dapat kembali diraih. Kita dulu punya master nasional mapun master internasional seperti GM Cerdas Barus, Merlep Ginting, Monang Sinulingga dan lainnya,’’ ucap Calon Gubernur Sumut Djarot Saiful Hidayat saat menyaksikan pertandingan catur Piala Gubernur Sumut 2018 di Lapangan Merdeka Medan, Sabtu (18/5/2018).

Kejuaraan catur tersebut di buka Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi dan dihadiri GM Utut Adianto, anggota DPR RI Sofyan Tan, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Sihar Sitorus dan undangan lainnya.

Usai berkeliling di tribun lapangan Merdeka Medan, Djarot menyaksikan pecatur-pecatur muda berbakat dari berbagai daerah sedang bertanding. Karenanya, Djarot berharap para pecatur, khususnya yang masih berstatus pelajar, diminta giat dan fokus berlatih.

’’Even-even kejuaraan seperti ini terus digalakkan dan diperbanyak di seluruh daerah di Sumut,’’ tutur Djarot.

Djarot menambahkan, tidak hanya dari Kabupaten Karo bibit pecatur handal Sumut. Diharapkan dari daerah lainnya, harus unjuk gigi, karena Sumut didukung watak dan karakter masyarakat yang cerdas, gigih dan siap bekerja keras. ***