YILAN - Kegiatan Asian Games 2018 OCA Fun Run berlangsung marathon dalam pekan lalu. Usai digelar di Pyeongyang, DPR Korea, pada Selasa, 1 Mei, dilanjutkan ke Bishkek, Kirgistan, Kamis, (3/5), lalu ditutup pada Sabtu (5/5) di Yilan, Chinese Taipei.

Jika di negara lain, kegiatan fun run diadakan tersendiri. Khusus di Chinese Taipei, Asian Games 2018 OCA Fun Run berlangsung bersamaan dengan Olympic Day Run yang setiap tahun dilaksanakan Chinese Taipei Olympic Committee (CTOC). Oleh karena itu, pelaksanaan Asian Games 2018 Fun Run di Yilan ini diikuti peserta terbanyak.

Tak kurang dari 3.000 pelari yang berdatangan dari berbagai kota meramaikan lomba yang berlangsung di Yilan Sports Park.

"Kami sudah 31 tahun menggelar Olympic Day Run tanpa henti. Kali ini kegiatan rutin kami mendapat kehormatan karena bersamaan dengan Asian Games 2018 Fun Run. Kami senang bisa menjadi bagian untuk mempromosikan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, serta berharap akan berjalan sukses," ucap Presiden CTOC, Hong Dow- Lin.

Saat membuka Fun Run, turut hadir anggota NOC Chinese Taipei, Kevin Chen, Yilan County Magistrate Ze-Cheng Wu, Direktur dari Ministry of Education Sports Administration, De-Fu Lin. Tak ketinggalan dua perwakilan dari OCA, Jean Zhou Jian dan Wissam Trkmani. Indonesia diwakili anggota Komite Eksekutif Komite OLimpiade Indonesia (KOI), Syahrier Nawier.

Karena ajang fun run bersamaan dengan Olympic Day Run, maka kategori lomba terdiri dari 21 km half marathon, 10 km run, dan 3 km fun run.

"Kami menaruh perhatian khusus terhadap Asian Games 2018 Fun Run yang digelar di Chinese Taipei ini karena berlangsung bersamaan dengan Olympic Day Run yang selalu ramai diikuti banyak peserta. Tahun lalu, Olympic Day Run diikuti sekitar 6.000 peserta," ujar Jeans.

Asian Games 2018 Fun Run pekan ini akan menginjak Kamboja. Serupa dengan di Yilan, ajang di Kamboja juga digelar dengan berbagai kategori lomba.

Menurut rencana, kegiatan ini akan dihadiri para perwakilan delegasi Asian Games dari Asia Timur, Asia Selatan, dan Asia Tenggara yang tengah berada di Phnom Penh, Kamboja untuk menghadiri Olympic Solidarity/OCA Regional Forum, serta Asian Games 2018 Pre-Delegation Registration Meeting.***