SAMOSIR - Ikatan Pegawai Bank Indonesia (Ipebi) kembali menyelenggarakan even bersepeda (gowes) tahunan. Kali ini, Pulau Samosir, Sumatera Utara menjadi tuan rumah agenda bagi pecinta sepeda di lingkungan BI tersebut.

Dengan tajuk Tour de Toba Kaldera 2018, sekitar 400 pegawai BI dari seluruh Indonesia berpatisipasi dalam acara gowes itu pada Minggu, (6/5/2018).

Ketua Ipebi Pusat, Imam Subarkah mengatakan, kegiatan untuk komunitas sepeda di lingkungan BI ini telah dilakukan sejak 2007. "Tahun lalu kami adakan di Kediri, Jawa Timur," kata Imam.

Tahun ini, Ipebi menunjuk BI sewilayah kerja Sumut sebagai penyelenggara, yakni Kantor Perwakilan BI Sumut, Kantor Perwakilan BI Pematangsiantar dan Kantor Perwakilan BI Sibolga. Dua Anggota Dewan Gubernur BI, Erwin Rizanto dan Rosmaya Hadi turut serta dalam kegiatan kali ini.

Erwin Riyanto mengatakan, kegiatan ini diharapkan mampu mendorong promosi wisata di daerah Toba. "Kita tahu bahwa Danau Toba telah masuk dalam 10 Kawasan Strategis Nasional dalam sektor pariwisata," katanya.

Menurut dia, BI sengaja memilih tempat ini sebagai upaya membantu pemerintah dan masyatakat dalam mempromosikan salah satu destinasi wisata kebanggaan masyarakat Sumut itu. Danau Toba sendiri diharapkan bisa mendorong kesejahteraaan masyarakat melalui even-evan wisata.

Adapun rute yang dilalui peserta adalah mulai dari Tuktuk dan berakhir di Dermaga Simanindo dengan jarak sekitar 20 km. Peserta yang seluruhnya pegawai BI itu tampak antusias melihat pemandangan yang disuguhkan.

Peserta harus menempuh jalur menanjak sejak garis start. Kemudian menempuh jalur menurun dan melandai pada sekitar 2/3 rute hingga garis finis.

Disela-sela Gowes Transformasi Nusantara itu, Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut Arief Budi Santoso mengagumi keindahan Pulau Samosir. "Pemandangannya sangat indah. Banyak juga peserta yang mengambil kesempatan untuk foto-foto," katanya.

Rute sepanjang 20 kilo itu memang menyuguhkan pemandangan yang sangat menarik, terutama hamparan perbukitan di pesisir Danau Toba. Apalagi start dimulai pagi hari sehingga peserta bisa menikmati pemandangan matahari terbit sambil bersepeda.

Tahun depan, Ipebi berencana melakukan even serupa di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Tujuannya sama, menguatkan solidaritas antarpegawai BI, sehat dan yang paling utama adalah promosi wisata.***