PADANGSIDIMPUAN - Pimpinan anak cabang (PAC) Pemuda Pancasila (PP) dan pengurus Ranting Sitamiang Baru, bersama warga membangun 'Sarpras' (Sarana dan Prasarana) menuju Sungai Batang Ayumi di Gang Nauli, Lingkungan II Sitamiang Baru, Kelurahan Sitamiang, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan, Minggu (29/4/2018). Sarpras yang dibangun dengan swadaya secara gotong royong itu berupa, jembatan penghubung berikut tangga menuju pinggiran sungai dan selasar tempat mencuci baju.

Ketua Ranting Sitamiang Baru Hasan Basri Harahap (25) mengatakan, pembangunan jembatan berikut anak tangga dan selasar ini tak lain sebagai wujud kepedulian Pemuda Pancasila dalam membina hubungan dengan warga.

Sedangkan gagasan pembangunannya merupakan hasil mufakat bersama warga sekitar. Di mana, sebagian warga masih memanfaatkan Sungai Batang Ayumi sebagai tempat MCK, oleh karna itu pembangunan jembatan dan Selasar sangat membantu mempermudah warga menuju sungai khususnya kaum ibu.

"Kita membangun jembatan agar warga lebih mudah menuju sungai, selasar berfungsi sebagai tempat mandi dan mencuci baju bagi kaum ibu. Apalagi kaum ibu disini sudah ada juga yang berumur," ucap pria yang biasa dipanggil Natang ini kepada GoSumut saat ditemui di lokasi pengerjaan.

Pantaun media dilokasi, terlihat keakraban warga dengan anggota PP bahu membahu mengambil pasir, batu dari sungai Batang Ayumi dan mengakut beberapa zak semen dari pinggir jalan besar menuju ketepian sungai.

Sementara itu, Hapsa Siregar, seorang ibu rumah tangga yang tinggal di Lingkungan II Sitamianh Baru dan biasa menggunakan sungai Batang Ayumi sebagai tempat MCK, mengaku senang dengan pembangunan jembatan dan selasar itu.

"Saya pribadi merasa terbantu dibangunnya jembatan dan selasar itu, karna saya biasa mandi dan mencucu di sungai itu. Jembatan mempermudah jalan kita ke sungai tanpa harus kwatir tergelincir dan mencuci baju lebih puas menggunakan selasar karna lebar," ujar wanita yang juga salah satu korban banjir bandang Padangsidimpuan tahun lalu itu.

Demikian juga yang disampaikan Hasan Basri selaku Kepala Lingkungan II Sitamian Baru, Kelurahan Sitamiang, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan. Pembangunan jembatan dan selasar yang digagas bersama-sama oleh warga dan pengurus Ranting Sitamiang Baru ini merupakan bentuk kegiatan positif Pemuda Pancasila. Walaupun bangunan Warga merasa terbantu khususnya kaum ibu apalagi yang sudah berusia lanjut dengan semakin lancarnya jalan menuju sungai.

"Kami sebagai warga Lingkungan II Sitamiang Baru, berterimakasih atas apresiasi yang telah diberikan oleh PAC PP Padangsidimpuan Selatan terhadap kebutuhan warga. Mudah-mudahan Pemuda Pancasila ke depan lebih banyak lagi melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat kepada warga," ujar Hasan.